Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Oktober 3, 2022

rakyat62.id – Media sosial berbasis video, Snapchat , menggulirkan fitur baru bernama “ Dual Camera ”, pada Senin (29/8/2022). Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menangkap momen dengan perspektif yang berbeda.

Berdasarkan pengumuman Snapchat di blog resminya, perspektif berbeda yang dimaksud adalah pengguna merekam momen melalui kamera depan (selfie) dan kamera belakang secara bersamaan.

“Dual Camera adalah cara kreatif bagi komunitas kami (Snapchat) untuk mengabadikan momen seru sekaligus, (untuk) menjadi bagian dari kenangan, seperti bersenang-senang di festival musik, atau momen keseharian seperti kuliner di dapur Anda (pengguna),” tulis Snapchat.

Namun, meski fitur tersebut baru hadir di Snapchat, nyatanya Snapchat bukan aplikasi pertama yang memiliki fitur itu.

Dual Camera milik Snapchat serupa dengan fitur milik media sosial BeReal . Selain Snapchat, Instagram baru-baru ini juga mencontek fitur tersebut dari BeReal.

Ciri khas dari medsos BeReal adalah memiliki kemampuan menggunakan dua kamera, depan dan belakang sekaligus, untuk membagikan momen, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (31/8/2022).

Adapun untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan “Dual Camera”, Snapchat turut menghadirkan fitur stiker, musik, dan gambar lain yang bisa dimasukkan ke dalam konten yang sudah diambil pengguna.

Kendati begitu, peluncuran fitur ini bakal dilakukan secara bertahap. Sebab, “Dual Camera” baru tersedia secara global untuk pengguna iOS, sedangkan untuk pengguna Android bakal digulirkan beberapa bulan mendatang.

Beda sedikit dengan BeReal

Perbedaannya fitur Dual Camera Snapchat dengan BeReal terletak pada kemampuan BeReal yang menyajikan satu tata letak gambar saja, yaitu picture-in-picture.

Sementara fitur Dual Camera di Snapchat ini memiliki empat tata letak, seperti gambar di bawah ini. Pengguna dapat memilih posisi horizontal, vertikal, gambar dalam gambar (picture-in-picture), dan menjadikan foto yang diambil sebagai latar belakang foto pengguna.

BeReal juga tidak menawarkan fitur stiker, musik, dan sebagainya, dan memiliki tenggat waktu selama dua menit untuk mengunggah konten ke aplikasi.

Menurut laporannya The Verge, keunikan dari BeReal ini membuat kompetitornya turut mengikuti ciri khasnya. Media sosial BeReal dinilai mampu menawarkan sesuatu yang unik kepada penggunanya.

Kemampuannya yang menggunakan dua kamera sekaligus, harus mengunggah konten kurang dari dua menit, membuat setiap pengguna tidak bakal punya waktu banyak untuk mempercantik dirinya.

Salah satu tesmoni pengguna BeReal mengungkapkan bahwa “keaslian” diri seseorang dapat terungkap melalui aplikasi ini. Dikarenakan konten utama yang ingin ditonjolkan BeReal adalah “menjadi apa adanya tanpa perlu menggunakan filter/editan untuk mempercantik diri”.

“Kami (BeReal) ingin membuat orang merasa nyaman dengan diri mereka sendiri dan kehidupan mereka. Kami menginginkan alternatif berjejaring sosial yang jauh dari perbandingan sosial dan (ingin) menggambarkan kehidupan dengan (memiliki) tujuan (yang) berdampak,” ungkap pihak BeReal.

Instagram juga tiru BeReal

Fenomena “contek-mencontek” ini juga tampaknya sudah bukan hal baru lagi. Dikarenakan beberapa waktu lalu, Instagram juga dikabarkan sedang menguji coba fitur barunya bernama “ IG Candid Challenges ” yang dinilai sama seperti BeReal.

Fitur “IG Candid Challenges” memungkinkan pengguna memotret dan membagikan foto objek secara acak dalam kurun waktu dua menit. Namun, belum diketahui kapan fitur ini akan digulirkan Instagram.

Dalam keterangan Meta, induk Instagram, pihaknya masih melakukan uji coba dari fitur ini. Menurut klaim Meta, fitur tersebut masih diuji secara internal oleh perusahaan.

Jadi, belum dapat dipastikan lebih lanjut kapan fitur tersebut bisa dicoba oleh seluruh pengguna Instagram.

Untuk lebih lengkapnya, bisa baca