Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Oktober 3, 2022

Telset.id, Jakarta – Telkomsel menggelar jaringan 5G dan melakukan showcase 5G atau memamerkan teknologi 5G di perhelatan Group of 20 (G20). Tepatnya acara Digital Economy Working Group (DEWG) ke-4, dan Digital Economy Ministerial Meeting (DEMM) di Bali.

Melalui keterangan resmi yang diterima pada Selasa (30/8/2022), Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan kalau kegiatan DEWG ke-4 dan DEMM akan menjadi dua momen penting bagi Telkomsel.

Sebab melalui acara tersebut Telkomsel ingin menunjukkan potensi pemanfaatan teknologi jaringan 5G di Indonesia secara optimal kepada negara-negara anggota G20.

“Kami memandang showcase 5G ini merupakan bagian penting yang harus dapat dioptimalkan dalam menggambarkan bagaimana kesiapan kapabilitas digital yang dimiliki Indonesia dalam mengakselerasi kemajuan di berbagai sektor,” ungkap Nugroho.

Lebih lanjut, jaringan 5G yang digelar Telkomsel juga mendukung 3 isu prioritas dalam DEWG G20 yang salah satu isunya membahas mengenai konektivitas digital.

“Kegiatan showcase 5G ini sejalan dengan komitmen Indonesia untuk menunjukkan kesiapan dalam mendukung 3 isu prioritas DEWG G20 yang mencakup konektivitas digital dan pemulihan pasca-pandemi Covid-19, literasi digital dan keterampilan digital, serta arus data lintas batas negara,” sambung Nugroho.

BACA JUGA:

Telkomsel Gelar Jaringan dan Showcase 5G di Bali 

DEWG ke-4 digelar pada tanggal 29-30 Agustus 2022. Sementara ajang DEMM pada 1-2 September 2022 dan kedua acara tersebut digelar di Pulau Bali.

Melalui showcase 5G, Telkomsel menghadirkan 4 use case yang di antaranya Cloud Gaming, Augmented Reality (AR) Industry, Virtual Reality (VR), dan Artificial Intelligence (AI) Robot.

Pada use case Cloud Gaming, seluruh peserta delegasi mendapat pengalaman menjajal keseruan bermain berbagai jenis game daring terbaru menggunakan smartphone dan gamepad dengan dukungan konektivitas yang kencang.

Kemudian untuk AR Industry, teknologi 5G Telkomsel akan memberikan pengalaman kepada peserta dalam mengikuti pelatihan menggunakan engine virtual yang berkaitan dengan kebutuhan industrial, seperti pelatihan panel listrik, mesin motor maupun genset.

Lalu untuk teknologi AR, pengunjung dapat menikmati pengalaman imersif pada use case VR seperti bermain gim, berwisata virtual menggunakan video 360 derajat, hingga VR edukasi mengenai anatomi manusia dan automotive engineering berupa mobil dan motor balap.

Sementara itu, keunggulan use case AI Robot akan dapat disaksikan secara langsung oleh seluruh pihak. Teknologi AI Robot akan mendampingi Menkominfo Johnny G. Plate dalam menyampaikan sambutan, memberikan hiburan, hingga berinteraksi bersama Menkominfo pada sesi pembukaan booth ITF.

Telkomsel 5G Bali G20
AI Robot Telkomsel mendampingi Menkominfo Johnny. G Plate

BACA JUGA:

Selain memperkenalkan teknologi 5G, Telkomsel juga menggelar jaringan 5G di Pulau Dewata tersebut. Perusahaan telah melakukan optimalisasi dan perluasan cakupan jaringan 5G dengan menggelar infrastruktur tambahan berupa 24 BTS 5G yang telah menjangkau sejumlah titik gelaran kegiatan G20 di Bali.

Hal tersebut dilakukan guna menghadirkan akses jaringan broadband berteknologi terdepan dan pengalaman aktivitas digital yang prima bagi seluruh delegasi selama mengikuti rangkaian kegiatan, hingga puncak kegiatan G20 di Bali pada November 2022. [NM/HBS]

Artikel ini bersumber dari telset.id.