Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Oktober 1, 2022

rakyat62.id – Dalam video yang dibagikan oleh akun TikTok zeraazzahra pada 30 Agustus, pemilik akun yang merupakan seorang guru di Sekolah Dasar yang berlokasi di Mojogedang, Karanganyar, Jawa Tengah tersebut, merekam seorang murid perempuan yang duduk di kelas 4 SD.

Ini bermula ketika pemilik akun memperhatikan salah satu muridnya yang terus-menerus menggaruk kepalanya dari balik jilbab.

Saat ditanya, bocah perempuan itu hanya menjawab karena kepalanya gatal.

Setelahnya, pemilik akun mendapat laporan dari teman yang duduk di belakang murid tersebut bahwa ia melihat kutu yang keluar dari jilbabnya.

Melihat hal serupa, pemilik akun pun memutuskan untuk membuka jilbab muridnya dan mengeceknya.

Tak disangka, ia menemukan banyak sekali kutu dan telur kutu di setiap helai rambut murid perempuan tersebut, bahkan sampai menumpuk.

Tak hanya itu, bau tak sedap juga tercium saat pemilik akun membuka jilbab muridnya.

“Pada saat kegiatan belajar-mengajar di kelas, ada anak kelas 4 yang kedapatan garuk-garuk pada saat pelajaran. Saat saya tanyain, kenapa nak kok garuk-garuk terus kepalamu? Katanya gatel, bu. Kemudian teman yang di belakangnya ngomong ke saya, bu itu kutunya jalan. Terus aku lihat, eh ternyata bener. Kutunya keluar dari jilbab anak tersebut. Terus aku kepo, aku buka jilbabnya. Kemudian aku dapati ternyata banyak banget kutu dan juga telur kutu, itu banyak banget sampai nyumpel-nyumpel. Pada waktu aku buka jilbabnya itu, baunya Masya Allah. Sampai bener-bener apek banget,” ucap pemilik akun.

Tak tega melihatnya, ia pun memanggil guru-guru perempuan lainnya untuk meminta bantuan.

Guru tersebut pun dengan telaten menyisiri rambut muridnya dan memangkas sedikit rambutnya untuk dirapikan serta agar mudah saat menyisir.

Sebelum disisir, pemilik akun menggunakan kapur barus untuk membuat kutu-kutu tersebut mati.

Terekam banyak sekali kutu yang berjatuhan di jilbab milik murid tersebut yang dijadikan alas.

“Kemudian aku meminta bantuan bu guru lainnya untuk nyisirin rambutnya pakai suri dan juga kita kasih obat kapur barus karena mendadak. Katanya kapur barus itu bisa bikin mati, tapi bener bikin kutunya mati juga,” tambah pemilik akun.

Setelah diperhatikan, keadaan muridnya tersebut sungguh mengenaskan karena terlalu banyak kutu dan telur kutu yang bersarang di kepalanya. Bahkan kutu-kutu itu juga berjalan hingga ke baju seragam.

Menurut keterangan, bagian leher murid itu juga ditemukan beberapa bercak darah, entah karena digigit kutu atau darah kutu itu sendiri yang mati saat digaruk.

Saat ditanyai keadaan orang tuanya, murid perempuan tersebut mengaku bahwa ibunya tahu tentang kondisi kepalanya ini.

Namun, murid itu mengatakan sang ibu sibuk bekerja sehingga tak punya waktu untuk mengurusinya.

Kemungkinan besar, hal ini terjadi karena kutu tersebut tidak ditangani dengan cepat sehingga terus berkembang biak di dalam rambutnya.

Unggahan yang telah dilihat sebanyak lebih 21,6 juta penayangan dan disukai sebanyak lebih dari 1,2 juta kali oleh sesama pengguna TikTok ini pun menuai beragam komentar.

“Ibu gurunya baik banget,” tulis akun c1nnufus

“Kasihan banget adeknya,” komentar eranitri

“Bu guru, makasih banyak ya sudah memperhatikan adeknya. Banyak rezeki bu, sehat selalu,” tambah nofelitasijabat

“Masya Allah, bener-bener definisi guru adalah orang tua di sekolah,” ungkap sindisafitriii

“Untung anaknya nggak rewel dan nggak menghindar. Paling susah kalau anaknya nggak mau dibantuin buat dibersihkan kutunya,” sahut ipi109