Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Oktober 3, 2022

rakyat62.id – Kemudahan transaksi pembayaran lintas negara ini resmi diimplementasikan oleh Bank Indonesia (BI) dan Bank of Thailand (BoT) dengan melibatkan 76 penyedia jasa sistem pembayaran dari kedua negara. Interkoneksi QR Code antar Indonesia and Thailand ini diharapkan dapat menggerakan transaksi lebih tinggi lagi dalam membantu pertumbuhan sektor pariwisata dan UMKM.

“Didukung teknologi inklusif dan platform ekosistem terbuka yang DANA miliki, kami siap menghadirkan pengalaman bertransaksi digital lintas negara yang prima untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna,” kata Vince dalam keterangannya, Selasa (30/8/2022).

Dengan itu pengguna DANA bisa melakukan pembayaran kepada beberapa merchant di Thailand seperti Bangkok Bank. Cara membayarnya pun mudah, pengguna hanya perlu memindai QR code di merchant tersebut melalui aplikasi DANA.

Lebih lanjut Vince menyampaikan, DANA turut mendukung berbagai inisiatif regulator dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Untuk adopsi QRIS misalnya, DANA kini telah dipercaya oleh lebih dari 23,5 juta merchant yang tergabung dalam QRIS nasional.

“Selama ini peningkatan adopsi QRIS selalu kami dampingi dengan edukasi yang berkelanjutan, baik untuk UMKM maupun masyarakat umum di seluruh Tanah Air. Oleh karena itu, kami juga akan menerapkan hal yang sama yaitu edukasi bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk menyukseskan penggunaan QR Cross Border yang berkelanjutan,” pungkas Vince.