Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Oktober 3, 2022

rakyat62.id – Asus resmi memboyong laptop Zenbook 14 OLED (UX3402) ke pasar Indonesia, Selasa (30/8/2022). Laptop ini merupakan penerus dari Zenbook Classic yang hadir dengan desain yang lebih elegan dibanding sebelumnya.

Seperti namanya, laptop ini membawa peningkatan dari segi layar, yaitu mengusung layar OLED. Adapun peningkatan lainnya, Zenbook 14 OLED ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i7 generasi ke-12.

Menurut Jimmy Lin selaku Regional Director Asus di Asia Tenggara, perangkat ini dihadirkan sebagai bentuk perjalanan laptop Zenbook. Oleh karena itu, ada sejumlah klebaruan yang dibawa agar para pengguna bisa dapat lebih produktif.

“Zenbook 14 OLED adalah evolusi dari Zenbook. Tidak hanya tampil dengan performa yang lebih powerful, Zenbook 14 OLED kini juga dibekali dengan fitur-fitur yang dapat membantu penggunanya lebih produktif,” imbuh Jimmy dalam keterangan diterima KompasTekno, Rabu (31/8/2022).

Untuk lebih detailnya, simak rincian spesifikasi laptop berikut ini.

Spesifikasi Asus Zenbook 14 OLED (UX3402)

Zenbook 14 OLED (UX3402) mengusung layar Asus OLED dengan bentang seluas 14 inci. Resolusi layar sudah mencapai 2K (2.880 x 1.800 piksel), perbandingan rasio 16:10, dan refresh rate layar 90Hz.

Sedangkan, tingkat kecerahan layar mencapai 400 nits, dan sudah mengantongi sertifikat dari Pantone Validated sekaligus Vesa HDR True Black. Layar perangkat juga sudah memiliki color gamut DCI-Pr 100 persen Cinema-Grade.

Untuk meningkatkan kenyamanan, perangkat ini juga menghadirkan fitur Eye Care. Seperti namanya, fitur tersebut dapat menjaga kesehatan mata dengan mengurangi paparan radiasi sinar biru yang berbahaya. Adanya fitur ini, Zenbook 14 OLED sudah mengantongi sertifikat TÜV Rheinland.

Lalu, guna meningkatkan produktivitas pengguna, perangkat terbaru kali ini juga turut dibekali teknologi ErgoSense Keyboard untuk meningkatkan pengalaman mengetik lebih nyaman.

Keyboard tersebut bakal ditemani oleh touchpad yang dilapisi lapisan hydrophobic sehingga permukaan sentuhannya bisa lebih halus. Selain itu, terdapat juga teknologi ErgoLift Hinge yang memungkinkan pengguna membentangkan layar laptop hingga 180 derajat.

Beralih ke aspek hardware, perangkat ini mengandalkan prosesor Intel Core yang terdiri dari dua model, yaitu Intel i7-1260P dan Intel i5-1240P. Kedua prosesor tersebut kompak terintergrasi dengan GPU Intel Iris Xe.

Prosesor tersebut nantinya bakal dipadukan dengan kapasitas RAM berjenis LPDDR5 yang mencapai 16 GB dan kapasitas penyimpanan internal sebesar 512 GB.

Beralih ke sektor daya, perangkat ini ditopang oleh baterai berkapasitas 75Wh. Sistem operasi yang dijalankan adalah Windows 11.

Adapun fitur pendukung audio yang didukung Zenbook 14 OLED, seperti teknologi Smart Amp, speaker dan mikrofon bawaan (built-in), dan sudah mengantongi sertifikat dari Harman Kadon.

Fitur-fitur lainnys terdiri dari kamera depan Full HD beresolusi 1080 piksel, pemindai sidik jari (fingerprint), Wi-Fi 6E, Bluetooh 5, USB-A, dua slot Thunderbolt 4, HDMI, jack audio 3,5mm, dan card reader (alat pembaca) micro SD.

Harga Asus Zenbook 14 OLED

Dengan memiliki ketebalan 16,9 mm dan bobot 1,39 kg, warna yang ditawarkan ada dua, yaitu Aqua Celadon dan Ponder Blue. Sedangkan, banderol harga yang dijual dimulai dari Rp 17 jutaan hingga 19 jutaan. Berikut rinciannya.

  • Zenbook 14 OLED (Intel Core i5): Rp 17.299.000
  • Zenbook 14 OLED (Intel Core i7): Rp 19.299.000

Pembelian sudah bisa dilakukan melalui situs Asus Indonesia. Berdasarkan keterangan yang diberikan Asus, perusahaan menawarkan dua tahun garansi global dan 1 tahun garansi Asus VIP Perfect Warranty.