Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Oktober 6, 2022

Salah satu brand ponsel yang terkenal di Indonesia adalah vivo. Brand ini termasuk brand ponsel yang perkembangannya cukup pesat. Bukan hanya di Indonesia tetapi juga di Tiongkok dan Dunia.

Data dari Counterpart menunjukkan pada quartal empat 2021, vivo berada di posisi 2 di Tiongkok dengan market share 19 persen. Mereka hanya kalah dari iPhone yang unggul dengan market share sebesar 23 persen.

HP Vivo yang dijual di Indonesia punya berbagai seri. Umumnya, terbagi ke dalam tiga seri. Seri Y untuk kelas harga mid-range sampai entry level. Seri V untuk kelas harga mid-range. Ada juga seri X sebagai HP kelas flagship dari vivo, seperti vivo X80 dan vivo X80 Pro. Untuk mengetahui lebih jelas soal perbedaan tiap seri, berikut Carisinyal jelaskan perbedaannya.

vivo Y Series

Produk di seri Y merupakan produk HP vivo yang menawarkan fungsionalitas yang berbasi harga terjangkau. Pada seri ini, biasanya hanya satu atau beberapa aspek yang ditonjolkan saja. Karena itu, vivo seri Y umumnya dijual di rentang harga Rp1 sampai Rp3 jutaan.

vivo V Series

HP vivo V series sering jadi andalan dari vivo Indonesia untuk menarik perhatian konsumen. Terlebih seri ini terkenal dengan kamera selfie yang inovatif dan sekaligus menawarkan desain yang premium di kelasnya. Seri ini memang fokus pada sektor kamera. Malah, dulunya, seri ini hanya fokus pada kamera selfie. Seri ini biasanya disebut seri HP vivo kelas mid-range.

vivo X series

Seri X merupakan seri flagship dari vivo.Di Indonesia, seri ini menarik perhatian setelah vivo Indonesia menghadirkan secara resmi vivo X50 dan X50 Pro. Seri ini fokus pada kualitas kamera yang diklaim punya standar lebih tinggi. Seri ini juga biasanya didukung dengan chipset kelas atas. Karena itu, vivo X series bisa juga disebut seri flagship dari vivo Indonesia.

vivo Z dan S Series

Di pasar global dan pasar Tiongkok, vivo punya Z seris dan S series. Sayangnya series ini jarang dibawa masuk resmi oleh vivo Indonesia. vivo sempat membawa kedua seri lewat vivo Z1 Pro, vivo S1, dan vivo S1 Pro. Seri ini merupakan seri alternatif di kelas mid-range.

Setelah mengetahui perbedaan seri HP vivo, kali ini Carisinyal akan mengulas 20 HP vivo terbaru yang mungkin akan menarik perhatian Anda. Apa sajakah itu? Berikut ulasan lengkapnya.

1. vivo Y16

Bagi Anda yang menginginkan ponsel dengan desain premium tapi budget terbatas, bisa mempertimbangkan vivo Y16. Berada di rentang entry-level, vivo Y16 hanya memakan dana sebesar Rp1,7 jutaan saja.

vivo Y16 sendiri memang hanya tawarkan spesifikasi sederhana yang diperuntukkan pada penggunaan normal harian. Berbekal chipset Helio P35, setidaknya ia sudah sanggup menangani aktivitas medsos, browsing, buka-tutup aplikasi, dan streaming video dengan nyaman.

Ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan sertifikasi IP53 sehingga dapat meminimalisir risiko kerusakan saat terkena air hujan. Meski berada di harga 1 jutaan, ponsel ini sudah dikemas dengan USB Type-C alih-alih microUSB, serta menggunakan sensor pemindai jari di samping dan Bluetooth 5.0.

2. vivo Y35

vivo Y35 semakin memperlengkap jajaran smartphone vivo di kelas harga menengah. Ponsel ini unggulkan beragam kelebihan di segala sisi, atau yang biasa disebut all-rounder.

Kinerja dapur pacunya terbilang memadai dengan chipset bertenaga di kelasnya, sanggup menunjang navigasi yang lancar serta pengalaman gaming yang layak.

Pun pada sisi layarnya, menampilkan isi konten dengan immersion yang cukup mendalam karena hadirkan laju penyegaran 90 Hz. Ini tentu bisa memperhalus pergeseran yang terjadi pada layar.

3. vivo X80 Pro

vivo X80 Pro merupakan varian teratas di serinya, menghadirkan fitur dan spesifikasi lebih memadai ketimbang reguler. Ponsel ini dimodali dengan panel layar LTPO 3.0 AMOLED yang dapat menyesuaikan refresh rate antara 1 Hz hingga 120 Hz, guna menghemat baterai dengan cara mengurangi refresh rate di saat yang tidak perlu.

Ukuran layarnya yang sebesar 6,78 inci juga telah mengusung resolusi QHD+ yang selangkah lebih baik dibanding FHD+ dari sisi ketajaman. Layar juga mendukung tampilan 1 miliar warna serta menghadirkan dukungan HDR10+ dengan tingkat kecerahan puncak hingga 1500 nit.

Ponsel ini tersedia dalam dua varian chipset berbeda yaitu Snapdragon 8 Gen 1 dan Dimensity 9000. Hanya saja versi resmi yang masuk resmi ke Indonesia adalah varian Snapdragon 8 Gen 1.

4. vivo X80

vivo X80 reguler ini juga tidak kalah dengan varian Pro-nya. Meski alami penurunan spesifikasi di beberapa aspek, namun vivo X80 tetap dihadirkan dengan kamera mumpuni di kelasnya.

Ia tak lagi hadirkan LTPO 2.0 AMOLED sebagai layarnya, melainkan hanya panel AMOLED biasa. Kendati begitu, HP ini masih disuguhi dengan standar kualitas HDR dan tingkat kecerahan puncak emncapai 1500 nit.

Tak seperti Pro yang hadirkan dua varian chipset, vivo X80 reguler ini hanya tersedia dalam satu varian saja yaitu Dimensity 9000 berfabrikasikan 4 nm. Memang sudah tidak lagi hadirkan gimbal OIS di HP ini, tapi vivo 80 masih dilengkapi dengan Triple Camera yang memadai.

Sebagai sensor utamanya, tersedia kamera 50 MP dengan OIS, diiringi dengan dua kamera pendamping yaitu sensor 12 MP telefoto (mendukung zoom optik hingga 2x), serta kamera ultrawide 12 MP.

5. vivo T1 Pro 5G

Di Mei 2022, vivo mengeluarkan seri baru dalam katalog produk ponsel mereka. Adalah ponsel vivo T Series yang mereka keluarkan. Bukan cuma satu ponsel T Series yang mereka rilis, tetapi dua. Salah satunya adalah vivo T1 Pro 5G. HP ini dirilis dengan harga Rp4 jutaan.

Kehadiran HP ini seolah menjadi oase karena ponsel-ponsel kelas menengah yang meluncur pada 2022 terasa kurang menarik. Nah, vivo T1 Pro 5G ini menarik karena punya keunggulan yang merata di berbagai sisi. Mulai dari desain, layar, kamera, hingga daya tahan baterai.

Bahkan, performa di atas kertas juga jempolan berkat sokongan SoC fenomenal Snapdragon 778G. Satu-satunya hal yang mengganjal adalah opsi memori yang tersedia hanya 8/128 GB, tanpa ada slot microSD. Jika memori 128 GB sudah cukup buat Anda, HP ini benar-benar direkomendasikan.