Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Oktober 1, 2022

rakyat62.id – Jika diperhatikan ada banyak cara untuk membuat cat mobil makin mengkilap . Bisa dengan memolesnya atau memasang coating nano ceramic .

Hanya saja, biaya perawatan antara poles dan coating nano ceramic terpaut cukup jauh. Hal itu memunculkan pertanyaan, memang bedanya apa sih antara poles dengan coating nano ceramic?

Pemilik Zabadi Body Repair Fairu, mengatakan beda poles dan coating nano ceramic cukup banyak meski keduanya sama-sama bisa membuat cat mobil makin mengkilap.

“Beda jauh, kalau poles itu bisa membuat mengkilap karena mengangkat noda-noda yang membandel, sehingga cat asli dari pabrikan akan nampak lagi, jadi mengkilap lagi,” ucap Fairu kepada Kompas.com, Rabu (31/8/2022).

Dia mengatakan mengkilap pada saat proses pemolesan itu dari cat mobil itu sendiri. Ada beberapa jenis cat yang dilapisi clear, ada juga yang cat warna dan clear dicampur, nah warna tersebut yang muncul begitu proses poles selesai dilakukan.

“Proses poles tidak meninggalkan lapisan pelindung di cat mobil, sedangkan coating nano ceramic melapisi cat aslinya, cat mobil yang mengkilap akan semakin mengkilap dengan lapisan pelindung tersebut,” ucap Fairu.

Dia mengatakan poles tidak bisa melindungi cat mobil, sedangkan coating nano ceramic bisa melindungi dari noda dan serangan cauca.

“ Coating nano ceramic membuat mobil lebih mudah dibersihkan, karena akan ada efek daun talasnya, jadi nggak perlu dipoles lagi kalau sudah dicoating, cukup dicuci saja noda sudah hilang,” ucap Fairu.

Hal tersebut membuat biaya poles dan pemasangan coating nano ceramic terpaut cukup jauh, karena dari fungsi, kualitas serta kilau yang ditimbulkan juga berbeda.

“Biaya poles paling mahal Rp 650.000 untuk mobil-mobil besar, nah kalau coating nano ceramic mulai Rp 3 juta sampai Rp 4,5 juta, dan biasanya di masing-masing bengkel body repair harganya beda-beda,” ucap Fairu.