Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 2, 2023

rakyat62.id – >

YOGYAKARTA ,KOMPAS.com – Ajang Kustomfest yang kembali digelar di Jogja Expo Center (JEC) pada 1-2 Oktober 2022 berlangsung meriah.

Ratusan karya sepeda motor custom dari beragam builder di Tanah Air tampil unjuk kebolehan dari modifikasinya

Salah satu karya yang tampil menarik adalah Yamaha Byson garapan Surganya Motor dengan konsep cafe racer .

Modifikator asal Semarang ini, merombak tampilan naked bike keluaran Yamaha lebih menjadi lebih stylish dari versi aslinya.

“Kita pilih Yamaha Byson pertimbangannya adalah rangkanya kuat dan gampang dimodifikasi. Harga dipasaran juga pas kurang bagus, tujuan kita supaya Byson tidak punah,” ucap Ihsanudin, Pemilik Bengkel Surganya Motor Semarang kepada Kompas.com, di ajang JEC, Minggu (2/10/2022).

Proses rancang bangun yang dilakukan Ihsanudin diklaim menggunkan suku cadang murni buatan lokal.

“Bodi custom, tangki kita pakai bahan galvanis. Rangka standar di potong sedikit agar bodi belakang lebih nungging,” katanya.

Selain itu, ubahan paling mencolok terletak di bagian kaki-kaki. Mulai dari ban hingga pelek yang mendongkrak tampilan lebih kekar.

Hal tersebut lantaran motor ini didesain untuk touring, tujuannya agar handling lebih stabil dan bantingan lebih kenyal.

“Konsepnya nyaman dan cocok digunakan touring, tampilan berani dan ada aura pria sejati. Habitatnya jalan aspal tapi main lumpur siap dan bersedia kapanpun,” ujarnya.

Pada gelaran Kustomfest 2022 , motor garapan Surganya Motor Semarang cukup mendapatkan atensi dari pengujung dan terjual sudah terjual 3 unit.

Untuk harga modifikasi Yamaha Byson konsep cafe racer biaya berkisar Rp 15 jutaan. Menarik dan cocok dijadikan referensi untuk modifikasi motor kesayangan.