Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 4, 2023

rakyat62.id – Jika Anda penggemar otomotif dan kebetulan sedang mampir ke Jepang , ada satu tempat yang tak boleh Anda lewatkan.

Tempat tersebut adalah museum milik Honda dengan nama Honda Collection Hall yang berlokasi tepat di dekat Sirkuit Motegi.

Tempat ini hampir bisa dipastikan menjadi surga bagi para penggemar otomotif seluruh dunia.

Pasalnya di tempat ini dipamerkan berbagai kendaraan monumental milik Honda , termasuk salah satunya motor balap milik Valentino Rossi hingga Marc Marquez . Benarkah?

Tim Pikiran-Rakyat.com sempat mengunjungi Honda Collection Hall saat berkunjung ke Jepang dalam acara bertajuk Federal Oil ke Jepang pada Selasa, 27 September 2022.

Untuk sejarahnya sendiri, Honda Collection Hall ini didirikan oleh pendiri merk Honda , Soichiro Honda pada tahun 1948.

Bangunan museum Honda ini memiliki tiga lantai yang menjadi showcase bagi motor dan mobil legendaris milik pabrikan berlogo ‘H’ tersebut.

Di tempat ini, tak kurang ada 300 kendaraan baik mobil atau motor Honda yang sudah direstorasi dan siap dipamerkan.

Tak hanya kendaraan klasik saja, di sini juga menjadi rumah bagi sejumlah mobil dan motor balap legendaris yang pernah berlaga di ajang motorsport di seluruh dunia.

Di lantai 1 Anda akan menemukan lobi dan juga ruang baca serta toko souvenir yang bisa di bawah pulang.

Sedangkan beralih ke lantai dua, ada sejumlah mobil dan motor legendaris Honda yang dipajang di sana.

Di bagian motor misalnya ada motor legendaris seperti Honda CB750F, Honda Cub C125, Honda CBX dan lainnya.

Deretan mobil klasik Honda juga dipamerkan di sini mulai dari Accord, Civic generasi pertama, serta sejumlah mobil niaga klasik dipamerkan secara berjejer, memanjakan mata para pengunjung.

Yang cukup menarik tersedia di lantai 3 yang menjadi ruang pameran khusus mobil dan motor balap.

Di bagian motor balap, dipajang motor para rider MotoGP seperti Valentino Rossi, Nicky Hayden, Casey Stoner, Dani Pedrosa, hingga sang juara dunia 7 kali, Marc Marquez .

Semua kendaraan tersebut mengkilat, dan terpajang secara rapih meskipun para pengunjung tak boleh mendekati secara langsung karena terdapat garis batasnya.

Sementara, di bagian mobil balap klasik ada mobil Honda Civic Mugen yang pernah memenangkan kejuaraan Japanesse Touring Car Championship (JTCC) 1986.

Ada juga mobil balap Formula 1 (F1) milik British America Racing yang berlaga tahun 2006 dengan pembalap terkenal seperti Jacques Villeneuve hingga Jenson Button.

Selain itu, ada juga sebuah panel yang menunjukkan perjalanan panjang Honda sehingga menjadi raksasa otomotif dunia.

Penasaran untuk berkunjung ke museum ini? Anda bisa mengunjungi Honda Collection Hall di area luar Sirkuit Twin Ring Motegi yang buka setiap hari.

Untuk biayanya, Anda cukup membayar 1.200 Yen (setara dengan Rp129 ribu) untuk tiket orang dewasa.

Sedangkan untuk Anak-anak, Anda cukup membayar biaya 300-600 yen (setara Rp31-62 ribu).***