Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Oktober 3, 2022

rakyat62.id

JAKARTA, KOMPAS.com -Toyota Hilux menjadi pikap paling banyak terjual di Afrika Selatan tahun 2021. Namun ada satu Hilux yang berbeda dari yang lainnya, bahkan bisa dibilang yang pertama di dunia.

Bengkel Fatboy Fab Works di Afrika Selatan melakukan modifikasi gila pada Toyota Hilux pikap. Mesin standar Hilux diganti dengan 5.000 cc V12 milik Toyota Century .

Dikutip dari , mesin V12 Century sebenarnya kurang bertenaga, standarnya cuma menghasilkan tenaga 276 TK dan torsi 481 Nm. Namun oleh Francois Fritz, pemilik bengkel dimodifikasi total.

Mesin standar tadi diubah bagian dalamnya dengan material yang high performance. Selain itu, disematkan juga dua turbo Garret GT35. Hasilnya, pikap ini menghasilkan tenaga 563 TK dan torsi 970 Nm.

Bahkan, dengan bahan bakar yang dicampur dengan etanol, Hilux ini menghasilkan tenaga sampai 1.000 TK dengan 0,5 psi boost. Uniknya, tenaga besar tadi disalurkan ke roda belakang dengan transmisi otomatis 4 percepatan milik Toyota Supra.


Tapi kabarnya, Fritz akan menukar transmisi tersebut dengan manual, jadi lebih seru saat digunakan. Bisa dibilang, Hilux ini belum dalam bentuk terakhir, masih banyak ubahan yang bisa dilakukan.

Selain itu, truk dengan mesin V12 twin turbo ini sebelumnya mengikuti Simola Hillclimb tahun lalu. Jadi ke depannya akan ada ubahan lain agar semakin kompetitif di ajang tersebut.