Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Oktober 4, 2022

rakyat62.id – Harga bahan bakar minyak tinggi membuat sebagian orang berpikir keras untuk bisa menghemat konsumsi bahan bakar, khususnya pada kendaraan bermotor.

Beberapa cara dilakukan oleh masyarakat mulai dari penambahan zat aditif ke tangki bahan bakar, memodifikasi mesin, menambah perangkat penghemat bahan bakar.

Nah, berhubung campuran bahan bakar pada mobil modern diatur secara komputerisasi. Maka, muncul pertanyaan apakah dalam remap ECU bisa menyetel konsumsi BBM pada mobil. Lantas, apakah benar di dalam remap ECU bisa menyetel konsumsi BBM agar lebih hemat?

Pemilik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Hardi Wibowo, mengatakan penyetelan dapat dilakukan, namun efeknya tidak akan lama karena sistem pada mobil.

“Sudah pernah dicoba tapi belum pernah sukses, karena oksigen sensor dan sistem closed loop feuling menggiring rasio bahan bakar dan udara tetap ke standarnya,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Senin (12/9/2022).

Dia mengatakan mesin-mesin modern memiliki sistem yang kompleks sehingga campuran bahan bakar dan udara selalu mendekati pada setelan pabrik.

“Meskipun target campuran rasio bahan bakar dan udara digeser ke 14.95, tidak lama akan kembali lagi ke 14.7,” ucap Hardi.

Jadi, penyetelan penghematan bahan bakar lewat cara remap ECU belum bisa dilakukan karena sistem yang tertutup, jadi ujung-ujungnya akan kembali pada setelan pabrik.