Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 3, 2023

rakyat62.id – Peselancar ombak Indonesia Rio Waida bertekad untuk terus mengejar tiket Olimpiade Paris 2024 setelah melewatkan kesempatan dalam mengamankan slot karena harus puas dengan medali perak ISA World Surfing Games 2022 yang diselenggarakan di Huntington Beach, California, Amerika Serikat , akhir pekan lalu.

Lewat unggahan di media sosial miliknya, Rio Waida mengaku senang dengan penampilan yang dia tunjukkan dalam turnamen tersebut.

Pria kelahiran tahun 2000 itu telah meraih 16 besar dalam Olimpiade Tokyo 2022 tersebut.

Dia bahkan sempat mendapatkan poin tertinggi pada hari kelima piala dunia selancar ombak yang diadakan pada 16 hingga 24 September 2022 tersebut.

“Saya sudah siap untuk bertanding di pertandingan selancar dunia @isasurfing ini, kualifikasi pertama untuk @olympics. Sayangnya kami tidak mendapatkan tempat untuk Paris 2024 tetapi kami masih memiliki dua kualifikasi lagi. Jalan masih panjang, level kami meningkat setiap hari,” tuturnya.

Tetapi, Rio yang berangkat bersama dua rekannya, yakni I Ketut Agus dan Dhany Widianto, mengaku sedikit kecewa karena telah dekat untuk bisa mendapatkan tempat.

“Mungkin kami tidak cukup, mungkin kami harus bekerja lebih keras, dan inilah hasilnya. Tapi yang utama tetap fokus dan kejar mimpi. Jangan pernah menyerah,” ujar Rio Waida seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Rio mengatakan, timnya telah melakukan pekerjaan yang luar biasa, mereka saling mendukung dan memiliki tim yang kuat serta membawa energi.

Dia menyampaikan rasa cintanya terhadap tim Indonesia, dan juga tak sabar untuk kualifikasi berikutnya.

Dalam unggahan sebelumnya, dia juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada keluarga, teman, tim, manajer, pelatih, sponsor, dan semua pihak yang memberi dukungan kepadanya.

Selain itu, tim putra Jepang telah mengamankan satu slot Olimpiade Paris Paris 2024 berkat kemenangan peraih perak Olimpiade Tokyo 2022 Kanoa Igarashi pada ISA World Surfing Games 2022 .

Pada turnamen kualifikasi cabang olahraga selancar ombak masih akan berlangsung hingga 2024 dengan kategori putra ada 21 kuota yang tersisa bakal diperebutkan dalam berbagai kompetisi.

Terdapat 10 tiket dalam World Surf League (WSL) Championship Tour yang akan diadakan pada Januari-September 2023 dan satu kuota bagi wakil terbaik dari setiap kontinen dalam ISA World Surfing Games 2023.

Tak hanya itu, masih ada lima kuota lain bagi lima atlet dengan ranking tertinggi pada ISA World Surfing Games (WSG) 2024 serta satu slot untuk NOC terbaik pada ISA WSG tahun 2024. (Urmila)***