Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Januari 29, 2023

Jakarta (ANTARA) – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pentingnya bagi siswa untuk melakukan refleksi kemerdekaan pada peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia.

“Refleksi kemerdekaan seperti ini penting untuk dilakukan. Perjuangan kemerdekaan bangsa yang dilakukan para pejuang patut diteladani oleh generasi muda kini untuk membangun karakter bangsa,” kata Riza dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Balad Erick Thohir gelar kegiatan di Jawa Barat peringati HUT ke-77 RI

SMA Labschool Jakarta merayakan peringatan Kemerdekaan RI melalui “kegiatan Lari Lintas Juang” (Lalinju). Rangkaian Lalinju diawali kegiatan renungan suci di TMP Kalibata, Jakarta, yang dilakukan para siswa khususnya pengurus OSIS dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK), serta calon pengurus bersama para guru.

“Pemilihan lokasi ini menjadi simbol patriotisme, semangat cinta Tanah Air, semangat rela berkorban, menghargai jasa para pahlawan serta membentuk karakter siswa,” kata Riza.

Baca juga: DPP PDI Perjuangan tabur bunga di TMP Kalibata

Selesai motivasi kebangsaan diberikan, para siswa dilepas Wagub berlari maraton ke sekolah masing-masing yang berlokasi di Rawamangun, Kebayoran, Kranggan, dan Cireundeu.

“Para siswa mengenakan simbol-simbol perjuangan seperti tongkat bambu pengganti bambu runcing, bendera merah putih, berlari maraton sambil mengumandangkan lagu-lagu kebangsaan. Melalui cara ini kami berharap anak-anak menghayati perjuangan kemerdekaan yang diteladankan para pahlawan,” kata Kepala SMA Labschool Jakarta, Suparno Sastro.

Baca juga: Konjen bangga pekerja migran Indonesia di HK jadi paskibra

Suparno melanjutkan, Labschool rutin melakukan acara itu setiap tahun, namun berhenti sementara pada 2020 dan 2021 akibat pandemi COVID-19. Sesampainya di sekolah, para siswa melakukan upacara peringatan HUT Kemerdekaan dan ditutup dengan pelantikan pengurus OSIS dan MPK.

“Mereka mengikuti rangkaian seleksi relatif panjang, mulai administrasi seperti rapor dan sertifikat sebagai portofolio siswa, tes fisik, tes potensi kepemimpinan, dan diakhiri pendampingan di Markas Batalyon Armed 7 Bekasi, Jawa Barat pada 10 Agustus lalu,” terang dia.

Suparno berharap pengurus OSIS dan MPK baru, mampu mengemban amanah organisasi, memiliki daya juang tinggi, kreatif, bergotong-royong, dengan semangat kebangsaan yang telah direfleksikan bersama dalam kegiatan itu.

Pewarta: Indriani
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.