Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

November 30, 2022

JawaPos.com — Bagian dari tanggung jawab sosial dan lingkungan pada semua wilayah perseroan, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) menghadirkan sejumlah program pembedayaan masyarakat supaya mereka lebih mandiri secara ekonomi. Program-program yang dijalankan pun tentu saja berbeda-beda pada setiap daerah dengan mempertimbangkan keunggulan di masing-masing daerah.

Sejumlah program pemberdayaan ekonomi masyarakat SIG bermacam-macam. Mulai dari pembinaan para pelaku usaha di bidang kuliner, pemberdayaan kaum disabilitas, program ibu tangguh, pertanian, peternakan, dan yang lainnya.Menariknya, semangat woman empowerment terlihat sekali dalam sejumlah program yang dijalankan.

Selama masa pandemi Covid-19 melanda di tanah air, SIG menghadirkan beberapa program sebagai suatu ikhtiar membantu masyarakat. Terutama mereka yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK ) mengingat banyak perusahaan yang gulung tikar terdampak pandemi.

Program yang dijalankan SIG untuk membantu masyarakat terdampak pandemi dengan penghadirkan program Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) dan Perempuan Wirausaha (Perwira). Program ini memililiki semangat women empowerment supaya kaum perempuan di sekitar wilayah unit bisnis SIG lebih berdaya dan produktif pada masa sulit.

“Kami terus berupaya agar masyarakat, termasuk kalangan perempuan di sekitar unit bisnis SIG lebih berdaya dan produktif lewat berbahi program yang kita inisiasi,” ujar General Manager of CSR SIG, Edy Saraya.

Tidak hanya mendapatkan stimulan usaha untuk penguatan ekonomi, lanjut Edy Saraya, perempuan dalam program ini juga mendapatkan proses pendampingan dan peningkatan kapasitas untuk meningkatkan kemampuan.

Usaha bagi kelompok Perempuan Kepala Keluarga (Pekka) dan Perempuan Wira Usaha (Perwira). (SIG untuk JawaPos.com)

“Program yang dikhususkan untuk perempuan ini juga bertujuan membangun kesadaran kritis perempuan terhadap perannya baik di ranah domestik maupun publik,” imbuh Edy Saraya.

SIG juga memiliki program Pemberdayaan Ibu Tangguh untuk tujuan meningkatkan pendapatan ibu-ibu rumah tangga yang tidak bekerja karena suami terdampak PHK dan ibu rumah tangga yang bekerja namun di-PHK akibat pandemi Covid-19.

Program ini tidak hanya pelatihan, namun disertai juga dengan pendampingan untuk memperoleh pemodalan dari bank, pasar koveksi dan bantuan peralatan lengkap beserta bahan bakunya.

Salah satu program yang telah dijalankan pada tahun 2021 ini adalah pengembangan skill di bidang konveksi. Dimana para ibu rumah tangga sekitar perusahaan mendapat pelatihan di bidang konveksi yaitu menjahit. Dari program ini ada banyak produk telah dihasilkan. Yaitu berupa baju anak, masker, baju hasmat dan lain-lain.

Selain itu, SIG juga melakukan pembedayaan pada kelompok tani dan peternakan. Program ini termasuk salah satu program unggulan dalam pemberdayaan masyarakat sekaligus peningkatan ekonomi desa sekitar ring 1 wilayah operasional pabrik semen. Program ini ditujukan untuk kelompok-kelompok tani yang memiliki potensi dalam meningkatkan ekonomi keluarga.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM, Abdul Rahman


Artikel ini bersumber dari www.jawapos.com.