Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

September 28, 2022

Suara.com – Kasus penembakan Brigadir J oleh mantan Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo, dan sejumlah tersangka lain masih menyimpan misteri. Salah satunya mengenai motif di balik aksi keji tersebut.

Ferdy Sambo dan istrinya bersikeras menyebutkan soal dugaan pelecehan seksual yang dilakukan almarhum. Sementara beberapa pihak lain pernah menyinggung soal adanya masalah yang terjadi di Magelang, Jawa Tengah, dan menjadi pemicu eksekusi tersebut.

Isu soal kejadian di Magelang berkembang semakin liar setelah beredar potongan rekaman suara yang disebut-sebut menunjukkan pertengkaran antara Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi.

Terbongkar sudah drekaman suara pertengkaran FS dan PC di Magelang yang menyebabkan Pengeksekusian Brigadir J di Duren Tiga,” begitulah judul dari konten yang diunggah oleh salah satu akun TikTok tersebut, dikutip pada Selasa (30/8/2022).

Baca Juga:
Rekonstruksi Kasus Pembunuhan Brigadir J, Ferdy Sambo Hadir Pakai Mobil Taktis Brimob

Benarkah Beredar Rekaman Suara Pertengkaran Ferdy Sambo dan Istri di Magelang?
CEK FAKTA: Beredar rekaman pertengkaran Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi di Magelang. (Turnbackhoax.id)

Di konten tersebut terlihat kumpulan sejumlah foto Ferdy Sambo dan istrinya yang disajikan dalam bentuk slide show. Lalu sebuah audio yang diklaim sebagai rekaman pertengkaran Ferdy Sambo dan istri terdengar diputar di belakang konten tersebut.

Bahkan rekaman pertengkaran itu disebut-sebut menjadi pemicu hingga Ferdy Sambo tega mengeksekusi Brigadir J sampai meninggal dunia pada Juli 2022 lalu.

Namun benarkah rekaman tersebut menunjukkan pertengkaran Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi di Magelang?

Penjelasan

Mengutip Turnbackhoax.id — jaringan Suara.com, ternyata konten tersebut tidak benar dan hasil editan belaka.

Baca Juga:
Tak Cuma Rumah Dinas, Kediaman Pribadi Ferdy Sambo Juga Dijaga Ketat Pasukan Bersenjata

Disebutkan bahwa audio pertengkaran yang diperdengarkan sebagai latar belakang video merupakan potongan dialog dari serial Layangan Putus yang sempat viral beberapa waktu lalu.

Rekaman dalam versi asli ini dapat dilihat di kanal YouTube WeTV Indonesia, lebih tepatnya di video berjudul “Layangan Putus | Eksklusif Video Part1 One Take It’s My Dream | WeTV Original” yang diunggah awal tahun 2021 lalu.

CEK FAKTA: Beredar rekaman pertengkaran Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi di Magelang. (Turnbackhoax.id)
CEK FAKTA: Beredar rekaman pertengkaran Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi di Magelang. (Turnbackhoax.id)

Secara spesifik, rekaman yang diklaim sebagai pertengkaran Ferdy Sambo dan istrinya diambil pada menit ke-2:21. Aslinya percakapan itu dibawakan oleh aktor Reza Rahadian dan Putri Marino.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran tersebut, bisa disimpulkan jika konten dan narasi yang disertakannya tidak tepat. Konten tersebut juga bisa dikategorikan sebagai hoaks.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected]


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.