Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Januari 29, 2023

Salah satu permasalahan kulit yang mengganggu penampilan adalah jerawat. Jerawat biasanya muncul pada bagian wajah, sehingga seringkali seseorang yang memiliki jerawat di wajahnya merasa kurang percaya diri. Biasanya jerawat akan sembuh dengan sendirinya, tetapi terdapat berbagai upaya yang dapat dilakukan agar jerawat cepat sembuh atau bahkan mencegah munculnya jerawat. 

Jerawat adalah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak berlebih dan menyumbat pori-pori. Penyumbatan tersebut menyebabkan peradangan yang ditandai dengan adanya benjolan kecil pada kulit. Terkadang benjolan tersebut berisi nanah.

Kemunculan jerawat dapat dipicu oleh beberapa kondisi seperti stres, pola hidup yang tidak sehat, perubahan horman saat masa menstruasi, faktor genetik atau keturunan, dsb. Jika kondisi tersebut terjadi tentunya dapat memunculkan jerawat, gejala munculnya jerawat ditandai dengan benjolan berwarna kemerahan atau kuning, sensasi panas atau terbakar akibat peradangan, timbul rasa gatal pada benjolan, dsb. 

Kita sebagai umat Islam selain melakukan berbagai ikhtiar, salah satuya dengan memohon doa kepada Allah SWT. Allah telah berfirman dalam Al Quran Surat Al-Mu’min ayat 60 yakni:

Baca Juga:
5 Penyebab Muncul Jerawat di Usia Dewasa, Fluktuasi Hormon Berpengaruh

Waqoo la robbukumud uwnii astajib lakum, innalladzii na yastakbiruuna an ibaadatii sayadkhuluu na jahannama daakhiriin

Artinya: Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

Sebagai salah satu bentuk ikhtiar permohonan kepada Allah SWT untuk menyembuhkan jerawat, dapat membaca doa sebagai berikut:

1.     “Allahumma mutfi’al-kabiiri wa mukabbiris-saghiiri atfi’ahaa ‘annii

Artinya: “Ya Allah, Yang memadamkan yang besar dan Yang membesarkan yang kecil, padamkanlah penyakit ini dariku.”

Baca Juga:
Ruam Cacar Monyet Terkadang Mirip Jerawat, Tapi Ini Bedanya

2.     “Allahumma mushogharal kabiiri wa mukabarash shaghiri soghor mabii.

Artinya: Ya Allah yang mengecilkan yang besar dan yang membesarkan yang kecil, kecilkanlah apa yang menimpaku ini.

Selain berdoa kepada Allah SWT, tindakan lainnya yakni mengenali gejala jerawat dan cara mengatasinya. Jerawat memiliki gejala munculnya benjolan warna merah atau kuning yang berisi nanah, adanya sensasi nyeri, panas, terbakar, terkadang muncul rasa gatal. Cara mengatasi jerawat yakni membersihkan make up atau riasan wajah, mencuci muka, mengganti sarung bantal secara rutin, menjaga pola hidup sehat, dan lain sebagainya. Demikian penjelasan terkait dengan doa menghilangkan jerawat.

Kontributor : Annisa Fianni Sisma


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.