Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

September 28, 2022

rakyat62.idPIKIRAN RAKYAT – Baru-baru ini viral video di media sosial Twitter kejadian tak mengenakkan yang dialami seseorang diduga orang dengan gangguan jiwa ( ODGJ ) oleh dua pemuda.

Dikutip dari unggahan video @Daeng_info dalam keterangan menyatakan peristiwa tersebut terjadi di daerah Jl. Pettarani, Panakkukang, Makassar , Senin 30 Agustus 2022 malam.

Dalam video yang beredar tampak ODGJ sedang berjalan di trotoar jalan, kemudian datang dua orang pemuda berbaju hitam dan putih menghampiri.

Terlihat juga dua pemuda tersebut memegang sesuatu di tangannya yang di ancang-ancang terhadap ODGJ .

Pria ODGJ pun tidak melawan dan hanya diam mencoba menghindar, namun tiba-tiba pemuda berbaju putih menghujamkan tendangan kebagian bawah ODGJ hingga membuatnya jatuh ke jalan

Nahas saat tendangan itu dia terima dan membuatnya ke jalan, ODGJ tertabrak pengendara motor yang sedang melakukan atraksi.

ODGJ itu pun masih tersungkur ke jalan dan terlihat meringis kesakitan hingga menutupi wajahnya.

Sampai artikel ini ditayangkan belum diketahui identitas pelaku, mengenai kondisi ODGJ @Daeng_Info mengatakan belum juga di diketahui hingga kini.

Video viral tersebut pun kini telah diputar sebanyak 268,3 ribu kali, disukai sebanyak 8,9 ribu, di tweet kutipan 1.460 rib kali, dan di retweet 3.018 pengguna.

Melihat aksi tidak manusiawi kedua pemuda tersebut, netizen menyampaikan rasa kekesalannya terhadap pelaku.

“Odgj diserang oleh manusia yang atas namakan dirinya waras,” kata akun @p***g.

“Mengatas nama kan kewarasan, tapi ga paham makna menghargai kesehatan jiwa dan gangguan mental seseorang. ODGJ pun manusia, terlepas apapun latar belakangnya,” ujar akun @liv*****dm.

“Allahu Akbar, kasihan pasti trauma banget itu korbannya, semoga pelakunya cepat tertangkap dan mendapatkan balasan yang setimpal kalo bisa bunuh saja pelaku kek gitu,” tutur akun @Hap*****y.

“Ga punya hati banget ngelakuin begitu,” sebut akun @gi****g.

“Kok gua emosi banget ya, benaran emosi banget plus mau nangis gak tega lihat jatuhnya gitu. Tuhan, tenangkanlah hatiku,” kata akun @ta***e.

Sementara kabar terbaru dari balasan tweet akun pengunggah video mengatakan, jika pihak kepolisian Polsek Panakukang, sudah melakukan penyelidikan dan telah mencari informasi.

Kalau dilihat dari kacamata hukum, jika peristiwa tersebut masuk kedalam kasus penganiayaan berat, maka mungkin bisa disangkakan dalam dengan pasal 334 KUHP dengan ancaman pidana paling lama 8 tahun.

Namun semua kembali kepada keputusan kepolisian melalui hasil penyelidikan yang telah dilakukan.***