Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 3, 2023

rakyat62.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilihan Umum ( Bawaslu ) terkait dugaan pelanggaran pemilihan umum (Pemilu).

Dugaan pelanggaran itu berkaitan dengan penyebaran ‘Tabloid Anies Baswedan ’ di tempat ibadah di kota Malang, Jawa Timur.

Koordinator Nasional Sipil Peduli Demokrasi, Mico Gea mengatakan Anies Baswedan diduga menyebarkan tabloid yang menyerupai bentuk kampanye terselubung di tempat ibadah.

Peristiwa itu terjadi di Kota Malang, Jawa Timur pada Kamis, 22 September 2022. Menjelang dimuliainya tahapan Pemilu 2024, pihaknya menolak perilaku politik identitas.

“Kami menyampaikan sikap menolak perilaku politik identitas yang ditengarai dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta ,” katanya dalam keterangan tertulis, Selasa 27 September 2022.

Untuk itu, agar peristiwa serupa tidak terulang kembali, pihaknya mendatangi Sentra Penagakkan Hukum Terpada (Gakumdu) Bawaslu untuk melengkapi bukti-bukti pelanggaran Pemilu yang dilakukan melalui penyebaran tabloid Anies Baswedan di Kota Malang.

Micro berharap Bawaslu segera memproses pelaporan tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Hal itu sebagaimana yang diatur dalam sebagaimana yang diatur dalam Perbawaslu 7 tahun 2018 tentang Penanganan Temuan dan Laporan Pelanggaran Pemilu.

“Kami mengharapkan Bawaslu RI segera memproses pelaporan kami,” ujarnya.

Pelanggaran itu sambung dia diduga dilakukan oleh Anies Baswedan dan pendukungnya.

“Dugaan nya kan dilakukan oleh anies baswedan dan pendukung anies Baswedan terkait dengan penyebaran tabloid tersebut,” katanya.***