Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Januari 30, 2023

rakyat62.id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang juga Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Habib Aboe Bakar Alhabsyi, mengungkap alasan partainya menggantinya dengan rekan separtai, Adang Daradjatun, dari posisi Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

Aboe Bakar mengatakan, pergantian itu adalah hal biasa yang terjadi.

Dia menyebut PKS memang sering melakukan perputaran dan pembagian tugas terhadap kader-kadernya.

“Hampir 3 tahun kita sudah menjalankan tugas dengan segala suka dukanya, perjalanan, dan sebagainya. Dan kita sudah banyak mengambil keputusan,” kata Aboe Bakar di ruang rapat MKD, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (27/9/2022).

Aboe Bakar menyebut Adang Daradjatun sebagai orang yang sangat berkelas. Menurut dia, Adang sebagai mantan polisi sangat memahami proses penyelidikan dan penyidikan untuk mengusut pelanggaran anggota DPR.

Dia pun meyakini Adang bisa meneruskan posisinya sebagai Ketua MKD DPR lebih baik lagi ke depannya. Sementara itu, Adang Daradjatun yang baru resmi dilantik mengatakan tugas berat menantinya.

“Suatu hal yang cukup berat tugas ke depan. Mari kita kerja sama yang baik. Apa pun juga kita ditempatkan di sini dipercaya oleh pimpinan dalam rangka menjaga bagaimana kehormatan dewan kita jaga dengan baik,” ucap Adang.

Keputusan PKS mengganti Aboe Bakar dengan Adang yang merupakan Mantan Wakapolri disampaikan Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel.

“Saudara Adang Daradjatun dari Fraksi PKS menjadi Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan DPR, menggantikan Habib Aboe Bakar Alhabsyi,” ujar Rachmat Gobel.

(Penulis : Adhyasta Dirgantara | Editor : Sabrina Asril)