Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Oktober 3, 2022

rakyat62.id – Rumah Belajar Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (Rumbel BEM UI), di bawah Departemen Sosial Masyarakat BEM UI dibentuk sebagai wadah mahasiswa sebagai langkah menangkal angka putus sekolah yang tinggi di Indonesia.

Project OfficerRumah Belajar BEM UI 17, Devo Fitrah Ramadhan, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu mengatakan bahwa permasalahan tingginya angka putus sekolah merupakan masalah pendidikan yang seharusnya menjadi perhatian masyarakat.

Tingginya angka putus sekolah, menurut dia, merupakan masalah yang perlu untuk diperhatikan karena hal ini merupakan salah satu representasi dari kualitas pendidikan yang dimiliki oleh suatu masyarakat.

Dia mengatakan, hadirnya Rumbel BEM UI merupakan upaya peningkatan kualitas pendidikan di Depok dan sekitarnya dalam bentuk tambahan belajar bagi peserta didik sekolah dasar dan mewadahi peserta didik paket B dan paket C untuk melaksanakan ujian penyetaraan bagi yang mengalami kesulitan ekonomi.

Hal ini dilatarbelakangi Laporan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), ada 75.303 anak yang putus sekolah pada tahun 2021.

Selain itu, kesenjangan pembelajaran antara anak-anak dari kelompok keluarga kaya dengan tidak mampu semakin tinggi, yaitu meningkat 10 persen. Hal itu merupakan dampak dari pandemi COVID-19 sehingga keadaan yang sudah ada semakin diperparah dengan adanya pandemi.

Dengan terputusnya sekolah, pendidikan mereka akan tertinggal dan akan tidak terbiasa dengan perubahan-perubahan ilmu yang terjadi. Padahal, perkembangan dunia sudah semakin pesat sehingga akan dibutuhkan masyarakat yang juga dapat beradaptasi dengan perubahan.

“Maka dari itu, program Rumah Belajar BEM UI hadir guna menyajikan solusi alternatif bagi penanganan tingginya angka putus sekolah sembari membantu calon peserta didik untuk mendapatkan kesempatan pendidikan yang layak” ujar Devo.

Dia menjelaskan, Rumbel BEM UI telah 17 tahun bergerak dan membantu ribuan peserta didik di kota Depok dan sekitarnya sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan di wilayah Depok.

Pada periode kali ini, Rumbel BEM UI telah membuka kesempatan pendaftaran bagi calon peserta didik untuk mendapatkan kesempatan pendidikan yang layak.

Rumbel BEM UI membuka pendaftaran calon peserta didik sekolah dasar, paket B, dan paket C yang nantinya akan mendapatkan ujian kesetaraan paket B dan paket C serta bimbingan belajar gratis bagi seluruh peserta didik secara gratis.

Ketua BEM UI 2022, Bayu Satria Utomo, turut hadir serta memberikan kata sambutan di acara Grand Opening Rumbel BEM UI 17, mengatakan bahwa sebagai mahasiswa harus bersatu padu menjalankan tri dharma perguruan tinggi.

Salah satunya, melalui Rumah Belajar BEM UI 17 yang turut menjadi perwujudan nilai nyata dari visi misi BEM UI 2022 serta fasilitator pendidikan nonformal bagi anak anak Indonesia, khususnya sekitar wilayah Depok, Jawa Barat.

Selain itu, Bayu mengatakan hadirnya Rumah Belajar BEM UI 17 juga sebagai katalisator pergerakan mahasiswa di bidang kemajuan pendidikan. Mahasiswa juga harus bersifat inklusif, tidak tersekat oleh masyarakat dengan melibatkan seluruh elemen yang berkaitan pada tiap pergerakan serta bertujuan untuk mencapai kebaikan bersama.