Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 3, 2023

rakyat62.id – Pemerintah Kota Jakarta Barat membuka pendaftaran bagi warga yang ingin mendapatkan bantuan sosial dengan mengisiDaftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Pendaftaran sudah kita buka dan tidak ada kuota. Tidak terbatas,” kata Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Barat, Suprapto, saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan pendaftaran melaluiDTKS tersebut sudah bergulir sejak 22 Agustus dan akan berakhir pada 10 November 2022 mendatang.

“Ini adalah pembukaan ke tiga selama 2023 setelah sebelumnya kita buka dua kalibeberapa bulan sebelumnya,” ucap Suprapto.

Suprapto menjelaskan warga yang ingin mendaftar bisa melihat akun Instagram @sudinsosialjakartabarat untuk melihat persyaratan dan tata cara pendaftaran.

Dia menjelaskan warga yang ingin mendaftar bisa langsung mengakses . Jika tidak bisa mendaftar lewat situs tersebut, warga bisa datang langsung ke kantor kelurahan setempat dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Supraptomenjelaskan beberapa larangan yang harus dihindari warga jika ingin terdaftar sebagai DTKS.

Salah satunya yakni salah satu anggota keluarga bukan bagian dari pegawai BUMN, PNS, anggota TNI, Polri, dan anggota DPR dan MPR.

Selain itu, warga yang kedapatan memiliki mobil tidak bisa mendaftar DTKS.

“Rumah tangga memiliki tanah atau lahan dan bangunan dengan NJOP di atas satu miliar rupiah tidak bisa mendaftar DTKS,” jelas dia.

Suprapto memastikan proses pemeriksaan warga yang mendaftar menjadi DTKS dilakukan dengan ketat agar bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran.

Untuk diketahui, warga yang terdaftar sebagai DTKS adalah kelompok ekonomi menengah ke bawah yang akan mendapatkan ragam bantuan sosial dari pemerintah.

“Mereka akan mendapatkan bantuan yang bersumber dari APBN maupun APBD,” tutup Suprapto.