Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Oktober 6, 2022

rakyat62.id – Para netizen di Indonesia dihebohkan dengan kemunculan Bjorka , hacker yang mengaku berhasil membocorkan data-data rahasia negara.

Selain membocorkan data rahasia negara, Bjorka juga membocorkan data pribadi sejumlah pejabat di Indonesia .

Setelahnya, Bjorka membagikan data-data tersebut di Telegram dan akun Twitter pribadinya.

Melalui cuitan di akun Twitter pribadinya, Bjorka menjelaskan motif dirinya membocorkan data rahasia negara dan sejumlah pejabat .

“Saya memiliki teman orang Indonesia yang baik di Warsawa, dan dia bercerita tentang betapa kacaunya Indonesia . Saya melakukan ini untuknya,” sebutnya.“Ya jangan coba lacak dia dari kementerian luar negeri. Karena Anda tidak akan menemukan apa-apa. Dia tidak lagi diakui oleh Indonesia sebagai warga negara karena kebijakan 1965. Meskipun dia adalah orangtua yang sangat pintar,” sebut Bjorka .

Kehebohan netizen soal Bjorka mendapat tanggapan dari Menteri Koordiantor Bidang Politik, Hukum, dan Kemanan Mahfud MD.

Mahfud MD mengonfirmasi bahwa ada data negara yang dibocorkan Bjorka , namun klasifikasinya bukan data rahasia.

“Soal bocornya data negara, saya pastikan bahwa itu memang terjadi. Saya sudah dapat laporannya dari BSSN. Kemudian, dari analisis Deputi VII (Kemenkopolhukam), terjadi di sini-sini. Tetapi, itu bisa sebenarnya bukan data yang sebetulnya rahasia,” ucap Mahfud MD dikutip Pikiran-rakyat.com dari Antara pada 12 September 2022.

“Belum ada yang membahayakan dan isu-isu yang muncul itu kan sudah ada di koran tiap hari, (berita mengenai) jadi presiden, ini, gini, kan Cuma itu. Tidak ada rahasia dari negara yang saya baca,” ucapnya lagi. (Ryan Syahputra)***