Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 8, 2023

rakyat62.id – Kepala Staf Kepresidenan ( KSP ) Moeldoko ikut bermain dalam film pendek yang diproduksi Woko Channel.

Moeldoko memerankan sosok petani dalam film pendek yang tayang di kanal YouTube tersebut.

Dipantau dari tayangan YouTube Woko Channel, Selasa (27/9/2022), film pendek yang dibintangi Moeldoko itu berjudul “Air Susu Kau Balas Air Teh”.

Meski jatah screentime Moeldoko dalam film tidak banyak, tetapi ada sejumlah pesan yang dia sampaikan.

Dalam film itu Moeldoko berperan sebagai seorang petani bernama Kang Moel. Kang Moel berteman dengan Lik No yang juga merupakan petani.

Pada film diceritakan Lik No meminta saran dari Kang Moel bagaimana caranya agar mendapatkan hasil pertanian yang maksimal.

Kang Moel memberikan sejumlah nasihat. Salah satunya, soal bertani jangan hanya untuk bertahan hidup. Menurut Kang Moel bertani sebaiknya untuk kehidupan.

Sebab, tanah yang ada saat ini sudah semakin sempit. Salah satunya karena semakin banyak jumlah penduduk.

Oleh karenanya Kang Moel menyarankan agar sistem budidaya tumpang sari dikembangkan. “Sistem tumpang sari ki hasile akeh (sistem tumpang sari ini hasilnya banyak),” tutur Kang Moel dalam film.

Selain itu, Kang Moel juga menyarankan agar memilih benih yang baik untuk mendapatkan hasil panen yang baik.

Kang Moel juga menyinggung soal isu krisis pangan yang harusnya direspons petani dengan menanam tanaman apa saja.

“Jangan teriak cabai mahal, wong (orang) kita bisa nanam cabai. Jangan teriak bawang mahal, kita bisa nanam. Enggak perlu sambat (mengeluh),” Kata Kang Moel.

Saat dikonfirmasi mengenai keterlibatan Meldoko dalam film pendek itu, Tenaga Ahli Utama bidang Komunikasi Deputi IV KSP Agung Rulianto mengatakan, hal itu ada kaitannya dengan perhatian Presiden Joko Widodo soal ancaman krisis pangan.

Keterlibatan mantan panglima TNI itu juga atas usulan Tim KSP.

“Pak Moel itu asli Kediri. Lalu Woko Channel juga di Kediri dengan latar belakang petani dan pertanian. Aku menghubungi pihak Woko, terkait perhatian presiden pada ancaman krisis pangan. Mereka setuju, lalu isu itulah yang diangkat Pak Moel sebagai ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HTKI),” jelas Rulianto ketika dikonfirmasi Kompas.com, Selasa.

“Pesannya mengajak masyarakat memaksimalkan lahan yang ada. Tanam cabai dan sayuran apa yang bisa di halaman kita,” katanya.

Rulianto menuturkan, proses syuting film pendek itu berlangsung di Kediri. Tepatnya di desa tempat Woko Channel biasa mengambil gambar.

Rulianto pun membantah anggapan bahwa keterlibatan Moeldoko dalam film pendek berbahasa Jawa itu terkait Pemilu 2024. Dia menegaskan, tugas KSP mengawal komunikasi istana.

“Tugas KSP kan mengawal komunikasi istana, jadi termasuk soal krisis pangan yang jadi perhatian presiden,” tambah Rulianto.