Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Januari 30, 2023

rakyat62.id – Badan Makanan Singapura (SFA) memutuskan memperpanjang penarikan kembali mi instan asal Indonesia, Mie Sedaap, setelah mendeteksi pestisida dalam dua produk tambahan di bawah merek tersebut.

Keputusan ini diumumkan oleh SFA pada Sabtu (8/10/2022). Menurut SFA, pihaknya menemukan adanya kandungan etilen oksida, pestisida dalam dua varian rasa dari Mie Sedaap.

Dalam penarikan sebelumnya, pada hari Kamis (6/10/2022), SFA telah mengarahkan Distributor Arklife untuk menarik kembali mie instan Soto Mie Sedaap dan mie instan Mie Sedaap Curry.

Penarikan yang sedang berlangsung mempengaruhi rentang produk Soto Mie Sedaap dengan kedaluwarsa 11 Desember 2022, dan rentang Kari Mie Sedaap kedaluwarsa pada 22 Februari 2023. Produksi keduanya berasal dari Indonesia.

SFA menegaskan pihaknya akan melanjutkan pengujian produk mie instan Mie Sedaap lainnya, dan bekerja sama dengan importir serta otoritas Indonesia untuk menyelidiki dan memperbaiki penyebab kontaminasi etilen oksida.

Jika mendeteksi keberadaan pestisida di luar batas maksimum yang ditentukan, SFA akan memulai penarikan produk yang terkena dampak.

“Konsumen yang telah membeli produk yang terlibat disarankan untuk tidak mengkonsumsinya,” kata SFA, dilansir oleh CNA.