Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

September 28, 2022

rakyat62.id – Data pribadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tidak luput dari sasaran Bjorka .

Bjorka sedang menjadi buah bibir netizen Indonesia karena aksinya yang membobol dan membocorkan data negara.Data pribadi Luhut Pandjaitan disebarkan oleh Bjorka melalui saluran Telegram miliknya pada Senin, 12 September 2022.Bjorka menuliskan, “In case u missed (barangkali terlewat)” saat membocorkan data Luhut Pandjaitan di Telegram.

Bjorka membocorkan nomor ponsel milik Luhut, alamat email (surat elektronik), nomor induk kependudukan, nomor kartu keluarga, alamat lengkap tempat tinggal serta tanggal dan tempat lahir Luhut.Tidak hanya itu, Bjorka juga membocorkan nama lengkap ayah dan ibu Luhut, istri, hingga riwayat pendidikan.Di sana, juga terdapat data vaksinasi Covid-19 yang diterima Luhut Pandjaitan , lengkap dengan keterangan kapan Luhut menerima dosis vaksin Covid-19 tersebut.Aksi Bjorka yang bikin heboh netizen mendapat tanggapan dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Kemanan Mahfud MD.

Mahfud MD membenarkan bahwa ada data negara yang dibocorkan oleh Bjorka , namun bukan data rahasia.

“Soal bocornya data negara, saya pastikan bahwa itu memang terjadi. Saya sudah dapat laporannya dari BSSN. Kemudian, dari analisis Deputi VII (Kemenkopolhukam), terjadi di sini-sini. Tetapi, itu bisa sebenarnya bukan data yang sebetulnya rahasia,” ucapnya di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Senin 12 September 2022.

“Belum ada yang membahayakan dan isu-isu yang muncul itu kan sudah ada di koran tiap hari, (berita mengenai) jadi presiden, ini, gini, kan Cuma itu. Tidak ada rahasia dari negara yang saya baca,” ucapnya. (Yemima Oholibama Wibowo)***