Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Oktober 1, 2022

rakyat62.id – Sosok Bjorka , hacker yang belakangan ramai diperbincangkan publik mulai mencuri perhatian setelah mengirim pesan menohok untuk Kominfo .

Melalui BreachForums, pada 6 September 2022, Bjorka meminta agar pihak Kominfo ‘berhenti jadi idiot’ setelah 1,3 miliar data SIM card warga diduga bocor.

Aksi yang dilakukan sang hacker rupanya berlanjut, dia belakangan kembali menghebohkan jagat maya dengan klaim telah membongkar data pribadi sejumlah tokoh termasuk kepala negara.

Bjorka juga mengaku memegang kartu AS para pejabat tinggi yang sebelumnya tak banyak diketahui oleh publik.

Ada pun sederet nama besar yang kena senggol Bjorka di antaranya:

1. Joko Widodo

Akun Twitter @darktracer_int, menyebut Bjorka telah meretas 600.000 lebih Transaksi Surat dan Dokumen Presiden Republik Indonesia, Jokowi .

“Peringatan. 679 ribu Transaksi Surat dan Dokumen Presiden Indonesia telah dibocorkan ke deep web oleh sang aktor Bjorka ,” tutur akun Twitter @darktracer_int.

Data yang diduga diretas oleh Bjorka memiliki kapasitas 40 Mb (compressed) dan 189 Mb (uncompressed).

Bjorka mengklaim sampel data yang dibobol meliputi judul surat, nomor surat, pengirim, penerima, identitas pegawai, hingga tanggal surat.

2. Denny Siregar

Bjorka baru saja menyentil salah satu pegiat media sosial, Denny Siregar .

Dia menuding sosok tersebut menyalahgunakan uang pajak rakyat untuk memecah belah rakyat.

Hi @Dennysiregar7. how does it feel to live using tax money from Indonesian people but instead you use the internet to polarize people? ( Bagaimana rasanya hidup menggunakan uang pajak dari orang Indonesia tapi malah menggunakan internet untuk mempolarisasi orang?),” tutur Bjorka .

3. Erick Thohir

Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir menjadi satu dari sekian tokoh yang dicibir Bjorka .

Hacker ini menyoroti kinerja Erick Thohir dan menyinggung elektabilitas sang menteri.

Apa kabar pak @erickthohir? Anda seharusnya bekerja bukannya berkeliaran dan melakukan hal tidak penting. Percaya pada saya, Anda tidak akan pernah bisa jadi presiden. Jangan buang waktu Anda. Tidakah Anda peduli soal harga BBM?,” ucapnya.

4. Puan Maharani

Bukan hanya masyarakat, perayaan ulang tahun Puan Maharani di tengah demo bahan bakar minyak (BBM) juga disorot Bjorka .

Apa kabar ibu @puanmaharani? Bagaimana rasanya untuk merayakan hari ulang tahun Anda di saat banyak orang protes tentang harga BBM di depan kantor Anda,” ujar Bjorka .

5. Johny G Plate

Selain menyerang Kominfo , Bjorka juga menyentil Menteri Komunikasi dan Informatika ( Kominfo ), Johnny G Plate.

Dia mengklaim telah meretas dokumen pribadi Johnny seperti nomor induk kependudukannya (NIK).

Happy birthday (selamat ulang tahun),” tutur Bjorka sambil membocorkan data Johnny G Plate.

6. Semuel A Pangerapan

Meski tak banyak dibicarakan, Semuel A Pangerapan , Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo sempat mendapat salam dari Bjorka .

GM sir @SPangerapan,” katanya.

Namun hingga artikel ini dimuat, akun Twitter Bjorkan diketahui sudah terkena suspended lantaran diduga melanggar aturan platform.***