Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 3, 2023

rakyat62.id – Ucapan Pendeta Gilbert Lumoindong tampaknya membuat ayah Brigadir J , Samuel Hutabarat tak terima.

Dia merasa ‘panas’ dengan apa yang disampaikan tokoh agama tersebut soal kasus sang putra, padahal sebelumnya sempat datang untuk berziarah.

“Dia waktu itu tanggalnya saya sudah lupa ya, dia datang ke Sungai Bahar itu pas pagi-pagi kami baru bangun tidur itu, belum ngapa-ngapain, cuci muka aja belum, dia sudah datang dengan rombongan yang dari Jambi, ada yang satu orang dari Sungai Bahar,” tutur Samuel Hutabarat , Senin, 26 September 2022.

“Dengan catatan, mereka datang untuk mengucapkan belasungkawa dan berdoalah di rumah. Sesudah selesai di rumah acaranya, kami berangkat ke makam ziarah,” ujarnya menambahkan.

Sebagai pendeta, Gilbert Lumoindong pun diterima dengan tangan terbuka oleh keluarga Brigadir J .

Apalagi, kedatangannya untuk menyampaikan rasa bela sungkawa atas kepergian pria bernama lengkap Nofriansyah Yoshua Hutabarat tersebut.

“Sampai di makam berziarah, ya di sana dia memimpin doa juga. Selaku pendeta ya kita terima aja, dia datangnya kan hanya untuk berbelasungkawa. Itu aja kedatangan dia ke sana,” ucap Samuel Hutabarat .

Dia mengaku pada saat datang ke Jambi, Pendeta Gilbert Lumoindong tidak berkata apapun terkait dengan kasus Brigadir J , termasuk terkait tuduhan pelecehan seperti yang disampaikan Putri Candrawathi.

“Dia cuman berbicara soal kejadian, dia bilang ‘ya ini soal kejadian kita serahkan aja lah ke aparat hukum, itu sudah ada yang memproses. kita berdoalah biar persoalan ini cepat selesai’ itu aja omongan dia,” kata Samuel Hutabarat .

Akan tetapi begitu berbicara di depan media, Pendeta Gilbert Lumoindong justru berbicara seolah-olah berada di pihak Ferdy Sambo selaku dalang di balik pembunuhan Brigadir J .

Dia mengatakan bahwa Ferdy Sambo membunuh Brigadir J karena masalah harkat dan martabat keluarga, sehingga keluarga Hutabarat dimohon bisa menerima seandainya memang Brigadir J memperkosa Putri Candrawathi.

“Itu sudah saya bantah dia melalui WA,” ucap Samuel Hutabarat .

Meski sudah menghubungi langsung Pendeta Gilbert Lumoindong , dia mengaku merasa marah dan tak terima dengan ucapan yang terkesan menyerang Brigadir J tanpa bukti.

“Justru itulah saya lihat di Youtube, dia katanya berbicara dengan si Putri, berbicara itu dia juga yakin bahwa pembicaraan Si Putri itu adalah jujur,” ujar Samuel Hutabarat .

“Makanya seorang hamba Tuhan kalau tidak dia beritakan kejujuran, dia berdosa, jadi saya bantah,” katanya.

“Soalnya saya bilang sama dia itu, Pendeta Gilbert yang terhormat, saya bilang gitu. Memang agak kasar tapi tajam sama dia kan, setahu saya seumur saya begini, baru ini kali ini saya dengar seorang pendeta bisa memfitnah orang yang sudah meninggal,” tuturnya menambahkan.

Samuel Hutabarat pun mengaku awalnya Pendeta Gilbert Lumoindong sempat tak merespons panggilannya yang ingin membahas permasalahan tersebut.

Akan tetapi, setelah dikirimi pesan melalui WhatsApp (WA), barulah pria itu mau berkomunikasi walau tidak banyak.

“Itu makanya, saya marahnya melalui WA itulah. Soalnya saya telepon-telepon nggak diangkatnya, sesudah saya WA baru ditanggapinya,” ujar Samuel Hutabarat .

“Ditanggapinya hanya sekali dengan WA, dan selebihnya dengan pembicaraan rekaman,” ucapnya menambahkan.

Samuel Hutabarat juga menegaskan bahwa apa yang disampaikan Pendeta Gilbert Lumoindong terkait kasus Brigadir J tidaklah benar.

“Dia itu kan, apakah Anda masih percaya sedangkan kasus di Duren Tiga sudah di SP3-kan, berarti Anda adalah satu-satunya yang mau dua kali dibohongi si pembohong,” tutur Samuel Hutabarat .

“Soalnya saya lihat di Youtube itu, langsung saya panas itu,” katanya menambahkan.

Tidak hanya Pendeta Gilbert Lumoindong , seorang kenalan Samuel Hutabarat yang membawa pria itu ke kediamannya juga kena semprot.

“Sesudah itu pas aku ke fotokopi, ada yang mau saya fotokopi waktu itu, ada marga Manurung yang bawa dia ke rumah,” ucap Samuel Hutabarat .

“Saya langsung agak setengah marah sama si Manurung ini, saya bilang ‘Manurung, saya menyesal kamu kenalkan sama si (pendeta Gilbert)’,” ujarnya.

“Saya bilang ‘nanti saya langsung telepon langsung si Gilbert itu yah’, langsung keringat dingin dia,” tuturnya menambahkan, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari kanal Youtube Irma Hutabarat – HORAS INANG, Selasa, 27 September 2022.***