Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 4, 2023

rakyat62.id – Gubernur DKI Jakarta , Anies Baswedan menginginkan masyarakat naik kendaraan umum karena pilihan rasionalnya.

Masyarakat harus bisa menghitung berapa biaya yang dikeluarkan dan waktu yang dihabiskan saat akan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Dia mencontohkan, perjalanan dari Lebak Bulus ke Bundaran HI harus bisa dihitung berapa biaya yang dihabiskan jika menggunakan MRT atau ojek online atau kendaraan pribadi.

“Saya pilih naik MRT karena, murah, nyaman, lebih murah dibanding yang lain, dan sepanjang jalan saya bisa bekerja, saya bisa produktif,”katanya di Balai Kota Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa 27 September 2022.

“Jadi, pilihan menggunakan kendaraan umum bukan karena diharuskan, tapi karena itu adalah pilihan rasional ,” tuturnya.

Eks Mendikbud itu mengatakan ketika kebijakan yang diambil pemerintah bisa dirasakan, maka akan direspons dengan baik oleh masyarakat.

Contoh di sektor transportasi, masyarakat akan lebih antusias untuk menggunakan kendaraan umum.

Dia juga meyakini bahwa ketika kebijakan yang diambil pemerintah diterima masyarakat karena lebih rasional , maka kebijakan itu akan lebih bertahan lama.

“Sebuah kebijakan yang memberikan insentif dan diterima oleh warga dengan baik, karena mungkin dianggap sebagai pilihan rasional maka ini akan sustainable,” tuturnya.***