Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 3, 2023

rakyat62.id – Rektor Universitas YARSI Prof dr Fasli Jalal PhD mengatakan asupan gizi seimbang dan aman merupakan kunci tumbuh kembang anak agar dapat berlangsung optimal.

“Bagian penting dari tumbuh kembang seorang anak adalah asupan gizi yang memadai. Asupan gizi harus menjadi perhatian karena satu dari empat anak usia lima tahun masih mengalami gagal tumbuh atau stunting,” ujar Fasli dalam webinar Melalui Dongeng Pemberian Makan Gizi Seimbang Kepada Batita Menjadi Menyenangkan di Jakarta, Selasa.

Dia menambahkan pola asupan yang diterima anak yang mengalami kekurangan tersebut tidak hanya berlangsung dalam waktu singkat, tetapi berlangsung dalam waktu lama.

“Ini karenaketidaktersediaan makanan di rumah, tidak mampu membeli ataupun tidak cukup dana yang disediakan untuk membantu mereka menyiapkan bahan makanan di rumah,” terang dia.

Selain faktor ekonomi, lanjut Fasli, juga karena kurangnya pengetahuan. Dalam hal itu penting bagaimana ibu menggunakan teknik agar anak merasa nyaman dan mau mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan aman.

“Bagi anak, suasana sangat penting. Apalagi jika dilakukan dengan dongeng, maka dapat membantu anak memahami sesuatu yang abstrak. Ini dilakukan oleh anak, karena masa tumbuh kembang anak hanya mampu mencerna pada hal-hal yang konkret,” terang dia.

Dia berharap melalui pola dongeng tersebut, diharapkan anak-anak dapat tumbuh dan berkembang menjadi anak yang sehat, cerdas dan berakhlak mulia.

Kabid Dinas PKK Provinsi DKI Jakarta, Ibnu Sholehmengatakan pihaknya merasa terbantu dengan peran dari perguruan tinggi dalam mengatasi permasalahan gizi anak.

“Dengan berbagai kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas keluarga. Salah satunya dalam rangka pemberian gizi seimbang,” kata Ibnu.

Kegiatan mendongeng hampir jarang dilakukan, padahal mendongeng memiliki peran strategis dalam pengasuhan.