Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Oktober 1, 2022

rakyat62.id – Pasukan Ukraina mulai berhasil merebut kembali wilayah-wilayahnya dari penguasaan pasukan Rusia .

Jenderal Ukraina Valeriy Zaluzhny pada Minggu (11/9/2022) mengatakan pasukannya telah berhasil merebut kembali lebih dari 3.000 kilometer persegi (1.158 mil persegi) sejak awal bulan ini dari pasukan Rusia.

“Sejak awal September, lebih dari 3.000 kilometer persegi telah dikembalikan ke kendali Ukraina. Di sekitar Kharkiv, kami telah mulai maju tidak hanya di selatan dan timur, tetapi juga ke utara. Kami berjarak 50 kilometer (31 mil) dari perbatasan,” kata Zaluzhny dalam sebuah pernyataan di media sosial.

Sementara itu, militer Ukraina membeberkan dalam pembaharuan informasi di medan perang pada Minggu bahwa pasukan Ukraina kini sedang berupaya untuk merebut kendali desa-desa di sekitar pusat strategis Kota Izyum dari pasukan Rusia.

Hal ini dilakukan sebagai bagian dari serangan balasan di wilayah Ukraina timur.

“Pasukan kami memasuki Kupiansk. Pembebasan pemukiman di distrik Kupiansk dan Izyum di wilayah Kharkiv sedang berlangsung,” kata militer Ukraina pada hari ke-200 perang Rusia-Ukraina.

Dikutip dari Kantor berita AFP, dorongan Ukraina untuk mengusir pasukan Rusia telah menyebabkan setidaknya 30 kota dan desa di wilayah Kharkiv direbut kembali oleh tentara Kyiv.

Sementara, Rusia untuk kali pertama mengatakan akan memperkuat wilayah Kharkiv.

Tetapi, pada Sabtu (10/9/2022), Rusia mengumumkan akan menarik kembali pasukan ke wilayah Donetsk lebih jauh ke selatan.