Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 8, 2023

rakyat62.idPIKIRAN RAKYAT- Ukraina sepertinya sedang memegang kendali atas perseteruan perang dengan Rusia .

Tak mengherankan karena Ukraina banyak mendapat bantuan dari Negara-negara barat yang mendukung.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky hari Minggu 2 Oktober 2022 mengatakan bahwa Lyman , sebuah kota penting yang terletak di salah satu dari empat wilayah Ukraina yang dicaplok Rusia , ‘dibersihkan’ dari pasukan Moskow .

Perkembangan terakhir ciri dari serangan balik Ukraina selama berminggu-minggu terhadap invasi Moskow terjadi saat Rusia mendorong maju dengan menyelesaikan pencaplokan wilayah Ukraina yang direbut meskipun ada kecaman dari Kyiv dan Barat.

Perebutan kembali Lyman yang ditaklukkan oleh pasukan Moskow selama berminggu-minggu untuk dikendalikan pada musim semi ini menandai kemenangan militer Ukraina pertama.

“Pada 12.30 (waktu setempat) Lyman benar-benar bersih. Terima kasih kepada militer kami!” ujar Presiden Zelensky mengatakan dalam sebuah video yang diposting di media sosial.

Tentara Ukraina mengatakan telah memasuki Lyman pada hari Sabtu, mendorong Moskow untuk mengumumkan “penarikan” pasukannya dari kota menuju “garis yang lebih menguntungkan”.

“Sekarang saya optimis dan sangat termotivasi. Saya melihat aktivitas di garis depan, dan bagaimana senjata asing… membantu kami merebut kembali tanah kami,” seorang tentara Ukraina berusia 33 tahun, yang menggunakan nom de guerre “Smoke “, kata AFP setelah kembali dari dekat Lyman .

Dalam pidato video Sabtu malam, Volodymyr Zelensky berjanji untuk merebut kembali lebih banyak wilayah di wilayah Donbas timur negara itu dalam waktu seminggu.

Dengan kerugian Rusia yang meningkat, para ahli telah memperingatkan bahwa Presiden Vladimir Putin dapat beralih ke senjata nuklir untuk mempertahankan wilayah sebuah opsi yang diajukan oleh sekutu Putin.

Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov mengatakan pada Sabtu, 1 Oktober 2022 bahwa Rusia harus mempertimbangkan untuk menggunakan “senjata nuklir hasil rendah” setelah pasukan Moskow dipaksa keluar dari Lyman .

Putin menggelar upacara besar Kremlin pada hari Jumat untuk merayakan pencaplokan empat wilayah Ukraina : Donetsk, Kherson, Lugansk dan Zaporizhzhia, menyusul referendum yang dikecam batal oleh Kyiv dan sekutunya.

Meskipun ada kecaman dari Barat, Mahkamah Konstitusi Rusia pada hari Minggu mengakui sebagai sah perjanjian pencaplokan yang ditandatangani oleh Putin dengan para pemimpin empat wilayah Ukraina yang didukung Moskow .***