Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 3, 2023

rakyat62.idPIKIRAN RAKYAT- Baru-baru ini Ukraina merilis foto mengejutkan dari salah satu tentara mereka yang selamat dari tawanan Rusia .

Foto-foto mengejutkan menyebar di media sosial, diunggah oleh Kementerian Pertahanan Ukraina .

Tentara yang selamat dari tawanan Rusia adalah Mykhailo Dianov, potretnya tersebar di Twitter dan disebut sebagai salah satu yang beruntung.

Meskipun dikatakan orang dalam foto tersebut dia tampak bebas dan dengan luka di wajah dan lengannya.

“Tentara Ukraina Mykhailo Dianov termasuk di antara yang beruntung: berbeda dengan beberapa rekan tawanan perangnya, dia selamat dari penangkaran Rusia ,” kata kementerian pertahanan dalam keterangannya.

“Beginilah cara Rusia “mematuhi” Konvensi Jenewa. Beginilah cara Rusia melanjutkan warisan Nazisme yang memalukan,” tuturnya lagi menambahkan.

Menurut Telegraph, Dianov ditahan awal tahun ini setelah berjuang untuk mempertahankan pabrik baja Azovstal di Mariupol.

Dia adalah salah satu dari 205 tawanan perang Ukraina yang dibebaskan pada Rabu, 21 September 2022.

Foto-foto terbaru Dianov menunjukkan dia dibebaskan, ditutupi bekas luka dan memar pada lengan dan wajahnya.

Adiknya, Alona Lavrushko, dilaporkan menginformasikan bahwa Dianov saat ini berada di Rumah Sakit Militer Kyiv, dimana ia tetap dalam kondisi serius dan akan membutuhkan perawatan jangka panjang.

Lavrushko mengatakan bahwa pecahan peluru di lengan saudaranya ditarik keluar “tanpa anestesi, tanpa apa pun, menggunakan tang berkarat”.

Dia menyatakan bahwa lengan Dianov kehilangan tulang 4 cm karena kondisi tidak manusiawi yang dia hadapi di penangkaran Rusia .

“Dokter di rumah sakit militer telah memeriksanya. Mereka belum akan mengoperasinya; dia perlu menambah berat badan terlebih dahulu. Itu yang utama karena dia tidak bisa dioperasi dalam kondisinya. Itu bisa berbahaya bagi kesehatannya. Jadi dia harus pulih sekarang dan mendapatkan kekuatan. Kondisi fisiknya tentu saja serius,” kata Lavrushko.***