Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Januari 30, 2023

Pakar primata dan antropolog Inggris Dr. Jane Goodall akan mendapat penghormatan dengan pembuatan boneka Barbie yang menggunakan sosoknya, kata produsen mainan Mattell baru-baru ini.

Boneka Dr. Jane Goodall diluncurkan menjelang Hari Simpanse Dunia pada 14 Juli. Boneka ini akan disertai aksesori simpanse yang mengambil model David Greybeard, simpanse yang diteliti Dr. Goodall dalam riset inovatifnya mengenai emosi dan komunikasi pada hewan.
Konservasionis terkenal yang juga pendiri Jane Goodall Institute itu merasa sangat senang dengan produksi boneka tersebut. Jane Goodall mengatakan, “Sewaktu saya mendengar bahwa boneka Barbie Jane akan dibuat, saya merasa sangat gembira karena sebenarnya saya telah menyarankannya sejak lama, bahwa anak-anak perempuan tidak hanya ingin menjadi bintang film dan hal-hal seperti itu; tetapi banyak di antara mereka, seperti saya, ingin keluar di alam mempelajari hewan. Karena itu boneka Barbie Jane merupakan gagasan super.”

Peluncuran itu juga bertepatan dengan peringatan 62 tahun perjalanan pertama Dr. Goodall ke hutan Taman Nasional Gombe di Tanzania.

Boneka Barbie yang bersosok Dr Jane Goodall itu mengenakan kemeja khaki dan celana pendek. Di tangannya terdapat buku catatan dan di lehernya terdapat teropong. Boneka Barbie itu juga ditemani replica David Greybeard, simpanse pertama yang mempercayai pakar primata tersebut saat ia melakukan penelitian di Taman Nasional Gombe di Tanzania.

Tentang boneka Barbie itu, Dr. Goodall mengatakan, “Saya akui bahwa ketika melihat boneka Barbie tersebut untuk pertama kalinya, saya menyukai semuanya, teropong, buku catatan kecil dan David Greybeard. Saya kira ini akan sangat baik bagi kebanyakan anak perempuan.”

Tak Semua Anak Perempuan Ingin Jadi Bintang Film

Ahli primata Inggris Dr. Jane Goodall berpose dengan sampul bukunya “55 tahun di Gombe” setelah konferensi pers di Museum Nasional Sains dan Teknologi di Alcobendas, dekat Madrid, 28 Mei 2015. (Javier SORIANO / AFP)

Perempuan berusia 88 tahun yang memulai penelitiannya di Afrika Timur pada tahun 1960 ini mengamati bahwa simpanse juga membuat perangkat, berburu, memakan daging dan menunjukkan rasa simpati di antara sifat-sifat lainnya.

Dr. Goodall menambahkan, “Anda tahu, ketika saya tumbuh besar, tidak ada satu pun panutan perempuan. Saya dibantu oleh seorang ibu yang mendukung impian saya, namun tokoh pahlawan saya, panutan saya adalah Tarzan dan Dr Dolittle. Tidak ada perempuan yang melakukan hal-hal yang ingin saya lakukan.”

Perusahaan Mattel mengatakan, mereka akan bermitra dengan Jane Goodall Institute dan gerakan remaja Roots & Shoots untuk membantu mengajarkan anak-anak tentang dampak mereka terhadap lingkungan.

Seputar lingkungan dan planet, Dr. Goodall menyarankan, “Jika Anda ingin melakukan sesuatu untuk melestarikan planet, Anda dapat memilih untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai. Namun jika Anda tidak memiliki ide tentang sesuatu yang bermanfaat, setidaknya Anda dapat mengurangi penggunaan plastik, Anda dapat menghindari produk-produk yang menggunakan minyak sawit, Anda dapat berjalan-jalan di alam terbuka, belajar untuk mencintai alam dan kemudian melindunginya.” [uh/lj]

Artikel ini bersumber dari www.voaindonesia.com.