Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 8, 2023

Suara tembakan bukanlah hal aneh dan mengejutkan di Adirondack Mountains, di mana berburu adalah kegiatan rutin warga setempat. Tetapi, kini banyak warga di sana khawatir cara hidup mereka akan segera berubah.

Setelah Mahkamah Agung AS pada bulan Juni menetapkan hak konstitusional untuk membawa senjata di ruang publik, parlemen New York membuat daftar panjang ‘lokasi-lokasi sensitif’ yang mengubah banyak tempat menjadi zona bebas senjata, termasuk sebagian besar kawasan Adirondacks Mountains.

Terhitung mulai 1 September, membawa senjata api ke bar, arena konser, taman, akan dianggap melakukan kejahatan. Dulu, tempat-tempat itu tidak dianggap lokasi sensitif.

Larangan Bawa Senjata di Lokasi Sensitif Bingungkan Warga New York

Rick Bennett di teras Moose Pond Club dekat Minerva, New York, AS, 20 Juli 2022. (REUTERS/Shannon Stapleton)

Rick Bennett, yang keluarganya selama beberapa generasi biasa berburu, sangat terpukul. “Pada dasarnya kita tidak bisa pergi ke mana pun kecuali ada tanda yang menyebutkan ‘senjata api dipersilakan di sini.’ Saya jelas tidak bisa pergi ke mana-mana dengan pistol. Saya tidak bisa pergi untuk membeli secangkir kopi atau daging giling ke toko tanpa meninggalkan pistol di rumah,” jelasnya.

Rumah Bennet berada di tengah-tengah kawasan Taman Nasional Adirondack, atau tepatnya di North Creek. Ia menjual senjata api dan peralatan memancing di toko yang menyatu dengan rumahnya. Singkat kata, ia berada di dekat lokasi sensitif, sehingga apapun aktivitasnya yang terkait senjata api bisa dianggap ilegal.

Seorang pria menembak sasaran dengan senapan panjang kaliber .22 di Dunhams Bay Fish & Game Club di Queensbury, New York, AS, 20 Juli 2022. (REUTERS/Shannon Stapleton)

Seorang pria menembak sasaran dengan senapan panjang kaliber .22 di Dunhams Bay Fish & Game Club di Queensbury, New York, AS, 20 Juli 2022. (REUTERS/Shannon Stapleton)

John Bowe, pemilik usaha lapangan tembak di daerah tersebut juga mengeluh. “Anda tahu, kami berburu, kami memancing, kami bepergian, kami membangun keluarga di sini. Ada ruang publik untuk melakukan semua itu. Namun, ini akan berkurang secara signifikan, Berburu akan tetap diizinkan menurut undang-undang. Tetapi beberapa hal lain, yang mungkin Anda lakukan, seperti membawa pistol untuk berjaga-jaga, apakah itu dikecualikan? Bolehkah Anda membawa pistol ke luar rumah? Peraturan baru ini membingungkan,” komentarnya.

Papan petunjuk di dalam Moose Pond Club dekat Minerva, New York, AS, 20 Juli 2022. (REUTERS/Shannon Stapleton)

Papan petunjuk di dalam Moose Pond Club dekat Minerva, New York, AS, 20 Juli 2022. (REUTERS/Shannon Stapleton)

Para anggota parlemen dari Partai Demokrat ingin memastikan senjata api, meski kehadirannya disembunyikan, tidak bisa dibawa ke kawasan yang ramai, seperti Times Square atau Kereta Bawah Tanah Kota New York. Tapi, para pendukung kepemilikan senjata mengatakan, Manhattan dan Adirondacks tidaklah sama.

Seminggu setelah undang-undang itu disahkan, kantor Gubernur Kathy Hochul, seorang Demokrat, mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan bahwa Hutan Lindung milik pemerintah di taman itu tidak dianggap sebagai lokasi sensitif, bertentangan dengan keinginan para pendukung peraturan baru itu. [ab/uh]

Artikel ini bersumber dari www.voaindonesia.com.