Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Oktober 3, 2022

rakyat62.id – Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis China (CPC) mengusulkan penyelenggaraan Kongres Nasional ke-20 partai berkuasa tersebut digelar di Beijing pada 16 Oktober 2022.

Usulan tersebut ditetapkan berdasarkan hasil rapat Biro Politik CPC di Beijing, Selasa (30/8), untuk selanjutnya ditetapkan oleh Komite Sentral.

Dalam siaran pers yang diterima ANTARA Beijing, Rabu, Biro Politik menekankan bahwa Kongres Nasional ke-10 CPC sangat penting karena pada saat itu seluruh anggota CPC dan masyarakat China dari berbagai latar belakang etnis akan menapaki perjalanan baru menuju abad kedua pembangunan China sebagai negara sosialis modern.

Kongres tersebut akan mengedepankan tema-tema besar sosialisme berkarakteristik China, Marxisme-Leninisme, Pemikiran Mao Zedong, Teori Deng Xiaoping, Teori Tiga Perwakilan, dan implementasi pemikiran Xi Jinping terkait sosialisme berkarakteristik China pada era baru.

Kongres tersebut akan memilih jajaran Komite Sentral CPC dan Komisi Inspeksi Disiplin CPC yang baru.

Komisi Inspeksi Disiplin merupakan lembaga antirasuah tertinggi China yang berada di bawah koordinasi Komite Sentral CPC.

Hasil pemilihan Komite Sentral CPC akan menjadi penentu dalam kepemimpinan China periode lima tahun mendatang.