Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

September 28, 2022

rakyat62.id – Kereta muatan China-Eropa ke-10.000 pada 2022 yang tiba di Hamburg, Jerman dari Pelabuhan Internasional Xi’an, Provinsi Shaanxi, China barat laut pada Jumat (9/8) menjadi tonggak pentingnya kerja sama China dengan Eropa.

“Ini tonggak pencapaian penting dalam kerja sama China dengan Hamburg, Jerman, dan Eropa,” kata Deputi Konsul Jenderal Republik Rakyat China di Hamburg, Wang Wei dikutip Xinhua Minggu.

Upacara penyambutan dihadiri oleh Wang, dan CEO Port of Hamburg Marketing Axel Mattern di terminal kereta Eurogate, Hamburg.

Menurut dia koneksi berkapasitas tinggi dari kereta muatan China-Eropa sangat membantu perdagangan luar negeri dalam mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi, dan secara efektif mendorong pembangunan ekonomi di sepanjang rute tersebut.

Sementara itu, Mattern mengatakan China adalah mitra yang sangat penting bagi Hamburg dan kereta muatan China-Eropa memainkan peran penting dalam menstabilkan keamanan rantai pasokan.

“Terutama pada masa sulit ini dan akibat kepadatan jalur laut, kereta kargo China-Eropa masih berfungsi secara efektif,” kata Mattern, yang menambahkan dia berharap dapat menyambut lebih banyak kereta dari China.

Jumlah perjalanan kereta muatan China-Eropa pada 2022 mencapai angka 10.000 pada 21 Agustus, 10 hari lebih cepat dibandingkan tahun lalu, kata China State Railway Group Co., Ltd.

Dengan 82 rute, kereta kargo tersebut kini menjangkau 200 kota di 24 negara Eropa, membentuk jaringan transportasi yang mencakup seluruh Eropa.

Kereta kargo China-Eropa mengangkut lebih dari 50.000 jenis barang dari 53 kategori, seperti mobil dan suku cadang, pakaian dan aksesori, serta biji-bijian dan kayu.