Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Oktober 2, 2022

rakyat62.id – Pembuat film Belgia, Thierry Loreau mengatakan Korea merupakan salah satu tempat di mana seniman klasik dapat diperlakukan seperti bintang rock.

Kumho Cultural Foundation mengatakan bahwa sebanyak 37 warga negara Korea telah memenangkan hadiah di 25 kompetisi musik klasik internasional yang diadakan pada paruh pertama tahun ini.

Thierry Loreau telah menyiarkan Kompetisi Musik Internasional Ratu Elizabeth yang bergengsi selama 26 tahun.

Loreau mengeksplorasi faktor-faktor apa yang menyebabkan musisi Korea menyerang dunia musik klasik dalam film dokumenter terbarunya, “K-Classics Generation”.

Dalam film tersebut, ia mewawancarai sopran pemenang Queen Elisabeth Competition Hwang Sumi dan pemain biola Lim Ji-young, pianis pemenang Ferruccio Busoni International Piano Competition Mun Ji-yeong, Esme Quartet yang memenangkan Wigmore Hall International String Quartet Competition 2018, serta keluarga dan guru mereka.

“Musik klasik adalah masalah mengekspresikan diri. Skornya sama untuk semua orang, tetapi berbeda tergantung pada siapa yang memainkannya,” kata Loreau, dilansir Pikiran-rakyat.com dari Korea Times.

“Musisi Korea tidak hanya hebat secara teknis tetapi mereka menjadi lebih ekspresif dan puitis selama bertahun-tahun,” katanya.

Sutradara yang telah membuat dua film dokumenter tentang dunia musik klasik di Korea , termasuk “Korean Music Mystery” (2012) telah menunjungi Korea sebanyak 17 kali.

Kunjungannya ke Korea berawal pada tahun 2010, saat menghadiri Jecheon International Music & Film Festival.

Menurutnya, kunci utama pendidikan musik Korea adalah peranan orang tua dalam mendukung prestasi anaknya.

“Di Eropa, ini lebih individual. Anak-anak harus belajar sendiri. Di Korea , di sisi lain, jika keluarga melihat bahwa anak itu benar-benar pandai dalam sesuatu, mereka menekannya untuk melakukannya,” katanya.

Terlepas dari kritik, Loreau berpendapat bahwa berlatih delapan hingga sembilan jam sehari memberi musisi muda banyak waktu untuk mengembangkan keterampilan mereka.

“Orang Korea sangat terkonsentrasi dan kuat secara mental karena mereka belajar itu ketika mereka masih muda,” katanya.

Dia juga memuji Lim Yun-chan, yang memenangkan Kompetisi Piano Internasional Van Cliburn yang bergengsi pada bulan Juni.

“Lim baru berusia 18 tahun, tapi bagi saya, dia adalah pemain piano terbaik sepanjang masa. Sulit dipercaya,” katanya.***