Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Oktober 2, 2022

rakyat62.id – Warga Amerika Serikat (AS) memperingati insiden teror yang terjadi 21 tahun silam di menara kembar World Trade Center (WTC). Peringatan itu diiringi dengan dentangan lonceng dan mengheningkan cipta di dekat lokasi kejadian.

Seperti dilansir APNews, Minggu (11/9/2022), peringatan itu diawali dengan pembacaan nama korban, pekerjaan sukarela, dan penghormatan lainnya. Insiden yang terjadi 21 tahun lalu itu merupakan serangan teror yang paling mematikan di tanah AS.

Dalam peringatan itu, lonceng pun berdentang dan warga pun memulai dengan hening sejenak di ground zero di New York. Lokasi itu merupakan menara kembar World Trade Center yang dihancurkan oleh serangan pesawat yang dibajak pada 11 September 2001.

Salah satu warga, yakni keponakan petugas pemadam kebakaran bernama Jimmy Riches yang meninggal dalam insiden itu juga sempat memberi penghormatan. Kala itu, dia belum lahir.

“Kamu selalu di hatiku. Dan saya tahu Anda mengawasi saya,” katanya setelah membaca sebagian dari hampir 3.000 nama korban.

Selain menara kembar WTC, kerabat dan pejabat tinggi korban insiden itu juga berkumpul di dua lokasi serangan lainnya, Pentagon dan sebuah lapangan di Pennsylvania.

Komunitas lain di seluruh negeri menandai hari itu dengan nyala lilin, layanan antaragama dan peringatan lainnya. Beberapa orang Amerika bergabung dalam proyek sukarela pada hari yang secara federal diakui sebagai Hari Patriot dan Hari Pelayanan dan Peringatan Nasional.