Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Maret 22, 2023

rakyat62.id – KJRI Houston telah mengambil langkah-langkah agar dapat mempercepat proses repatriasai atau pemulangan jenazah Novita WNI yang menjadi korban penembakan di Texas, Amerika Serikat (AS).

Hal tersebut dikatakan oleh Koordinator Fungsi Pensosbud KJRI Houston Mohamad Kamal saat dimintai informasi Kompas.com terkait insiden penembakan yang menewaskan WNI di Texas, Senin (10/10/2022).

Dia membenarkan jika WNI perempuan bernama Novita Kurnia Putri (25) tersebut menjadi korban salah sasaran atau salah tembak.

“KJRI Houston telah mengambil langkah-langkah agar dapat mempercepat proses repatriasi jenazah almarhumah Novita Kurnia Putri ke Indonesia,” ujar dia.

Terkait alasan KJRI Houston memepercepat proses pemulangan jenazah Novita, Kamal menyebut itu sesuai dengan permintaan keluarga.

Penembakan WNI di Texas ini terjadi pada Selasa (4/10/2022).

“Setelah mendapatkan kabar dari media lokal, sore harinya (pada Selasa) Konjen RI Houston, Andre Omer Siregar, langsung menuju TKP dan bertemu dengan suami korban, Robert A. Brazil, untuk menyampaikan belasungkawa yang mendalam dan bertemu dengan pihak kepolisian guna mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai peristiwa tersebut. KJRI Houston kemudian menerima permintaan repatriasi jenazah almarhumah dari pihak keluarga yang berada di Indonesia,” terang Kamal.

Saat isiden, Novita dilaporkan tewas seketika dan menurut informasi dari media lokal pelaku salah sasaran karena menembakan ratusan peluru ke arah rumah korban sesuai dengan pernyataan Sherrif Bexar County, Javier Salazar.

Menurut Kamal, Konjen RI Houston telah bertemu dengan Sekda Negara Bagian Texas, John B. Scott, untuk meminta bantuan agar dapat mempercepat proses administrasi pemulangan jenazah, antara lain dengan menerbitkan Certificate of Death oleh instansi terkait.

KJRI Houston juga terus berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri Indonesia untuk memfasilitasi keinginan pihak keluarga WNI yang jadi korban penembakan di Texas.

Sebagai informasi, pemulangan jenazah dari Amerika Serikat ke Indonesia membutuhkan waktu yang cukup lama khususnya penerbitan dokumen kematian oleh Departemen Kesehatan setempat.

Sesuai keinginan dari pihak keluarga, jenazah Novita Kurnia Putri rencananya akan dimakamkan di kota Semarang, Jawa Tengah.

KJRI Houston dan Kementerian Luar Negeri akan terus memantau perkembangan pemulangan jenazah almarhumah Novita Kurnia Putri.