Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 3, 2023

rakyat62.id – Guna memperingati hubungan diplomatik itu, KBRI Baku di Azerbaijan menyelenggarakan resepsi diplomatik 30 Tahun Hubungan Diplomatik Republik Indonesia- Azerbaijan sekaligus memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia.

Acara digelar 6 Oktober 2022 di Hotel Marriot Boulevard, Baku.

Selama 30 tahun, telah terjalin banyak kerja sama dalam berbagai bidang. Kedua negara juga saling memberi dukungan di panggung internasional.

Duta Besar Indonesia untuk Azerbaijan , Hildi Hamid, menyampaikan bahwa hubungan persahabatan Indonesia- Azerbaijan telah terjalin erat selama 30 tahun.

Hal itu terbukti dengan peningkatan kerja sama di berbagai bidang seperti perdagangan, kunjungan pejabat kedua negara, saling dukung di berbagai forum internasional, kerja sama sosial budaya dan pendidikan, serta people-to-people contact.

Indonesia juga menyampaikan komitmen untuk meningkatkan hubungan dan kerja sama yang saling menguntungkan bagi masyarakat kedua negara.

Inam Karimov, Menteri Pertanian Azerbaijan mewakili negaranya, dalam sambutannya menggarisbawahi hubungan bilateral yang kuat antara kedua negara dalam berbagai bidang.

Sebagai negara yang cantik, kaya akan budaya dan sejarah, serta keindahan alam yang mempesona, kedua negara perlu memperkuat kerja sama dalam bidang kebudayaan dan hubungan antarmasyarakat.

Inam Karimov juga menyampaikan apresiasi kepada Indonesia atas dukungannya selama ini kepada Azerbaijan dalam kerja sama di tingkat internasional.

Panggung budaya

Acara dihadiri sekira 250 tamu yang terdiri atas kepala perwakilan negara asing dan kalangan diplomatik, pejabat Azerbaijan , akademisi, pengusaha, wartawan, warga Indonesia, dan Friends of Indonesia.

Acara diawali dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lagu kebangsaan Azerbaijan .

Acara berlangsung meriah dan semarak dengan ditampilkannya pertunjukan seni budaya Indonesia berupa pergelaran musik tradisional yang dibawakan secara apik Hamdani, pemusik yang langsung datang dari Indonesia, berkolaborasi dengan staf KBRI Baku.

Dengan diiringi alunan angklung, talempong, dan sape, pengunjung terpukau dengan berbagai lagu tradisional Indonesia maupun lagu populer Azerbaijan .

Tak kalah apik, aksi para penari yang menampilkan tari Puspanjali, Indang, Jaipong, Ondel-

Ondel, dan Enggang oleh mahasiswa Azerbaijan alumni penerima beasiswa Indonesia dan staf KBRI Baku.

Keindahan tari dengan beragam busana tradisional yang menarik membuat penonton betah menikmatinya.

Sebagai bagian dari promosi Indonesia kepada para undangan, KBRI turut menampilkan pameran foto perjalanan 30 Tahun hubungan bilateral kedua negara, promosi berbagai barang seni budaya seperti kain batik, songket, pakaian adat, cendramata, serta makanan Indonesia.***