Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 4, 2023

JAKARTA, celebrities.id – Setiap masyarakat memiliki tradisi menyambut Hari Kemerdekaan di Indonesia. Seperti diketahui, perayaan 17 Agustus atau Hari Kemerdekaan Indonesia sudah di depan mata. Perayaan ini merupakan momen spesial bagi masyarakat Indonesia.

Biasanya, masyarakat sibuk mempersiapkan aneka kegiatan yang digelar untuk merayakan HUT RI, mulai dari pemasangan bendera serta beragam pernak-pernik lain yang berwarna merah putih hingga merancang pelaksanaan berbagai perlombaan. Beberapa daerah juga memiliki tradisi unik menyambut Hari Kemerdekaan.

Melansir dari berbagai sumber, berikut merupakan sejumlah tradisi menyambut Hari Kemerdekaan di beberapa daerah Indonesia seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (16/8/2022).

Tradisi Menyambut Hari Kemerdekaan di Indonesia

1. Estafet Obor (Semarang, Jawa Tengah)

Tradisi perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yang diselenggarakan di Kota Semarang, Jawa Tengah adalah lomba estafet obor. Lomba ini biasanya diselenggarakan di malam hari pada Hari Kemerdekaan dan akan diikuti oleh atlet lari dari Kota Semarang sebagai pesertanya. Mereka akan berlari sambil membawa obor dengan mengikuti rute tertentu.

Obor dalam lomba estafet ini mengandung simbol tertentu. Obor dalam estafet ini merupakan perwujudan dari semangat pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

2. Peresean (Lombok, NTB)

Sejak abad ke-13, tradisi Peresean telah dilakukan oleh masyarakat Suku Sasak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dulu tradisi ini dilakukan untuk memohon hujan, namun saat ini Peresean kerap kali dilakukan untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI. Tradisi Peresean merupakan tradisi adu ketangkasan antara dua orang pria yang dilakukan oleh Suku Sasak.

Mereka beradu ketangkasan dengan menggunakan senjata tongkat rotan, di tangan lainnya mereka juga akan menggunakan ende (perisai yang terbuat dari kulit kerbau) untuk melindungi badan mereka dari serangan lawan. Peresean akan berakhir apabila ada salah satu dari mereka yang dinyatakan kalah.

3. Pawai Jampana (Bandung, Jawa Barat)

Di Bandung, Jawa Barat salah satu tradisi yang dilakukan masyarakat setempat untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI adalah Pawai Jampana. Tradisi ini biasa dilakukan usai masyarakat melaksanakan upacara bendera dan berbagai perlombaan. Kata “jampana” sejatinya memiliki arti “tandu.”

Oleh karena itu, dalam tradisi ini akan ada banyak tandu berisi hasil bumi, makanan, dan hasil kerajinan masyarakat yang dipawaikan sebagai bentuk rasa syukur mereka atas kemerdekaan negara ini. Setelah tiba di lokasi, hasil bumi yang dibawa tadi akan diperebutkan dan dinikmati bersama di antara para peserta dan juga penonton pawai.

 


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.