Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 8, 2023

rakyat62.id – Pada era digital seperti sekarang, penggunaan media sosial semakin marak saja. Pasalnya, hampir semua orang memiliki media sosial .

Namun, psikolog ternyata tidak menyarankan seseorang untuk menggunakan media sosial terlalu sering, apalagi secara berlebihan, apabila ingin kesehatan mental tetap terjaga.

“Meskipun media sosial menyajikan banyak hal dan menawarkan kemudahan seperti bersosialisasi secara mudah dengan teman atau saudara yang berjauhan, namun sejatinya kita tidak bersosialisasi secara nyata dengan orang lain,” kata psikolog Lathifah Utami .

Tidak hanya itu saja, psikolog lulusan Untar tersebut menyatakan bahwa di media sosial sudah terdapat banyak konten negatif yang dilihat seseorang dan bisa menimbulkan dampak psikologis.

Juga berbagai isu tentang kekerasan, kejahatan, flexing, ataupun berita bencana dapat menimbulkan rasa cemas dan kekhawatiran.

“Yang akhirnya mempengaruhi kondisi psikologis kita,” kata Lathifah.

Psikolog yang kini sudah bekerja di expert consultant itu juga mengingatkan untuk menggunakan internet secukupnya saja.

Sebab, menurutnya penggunaan internet secara berlebihan ternyata bisa membuat penggunanya kecanduan yang berujung mengganggu pola tidur, emosi, bahkan pola pikir yang berujung mengalami gangguan kesehatan mental .

Namun untuk mengatasi hal tersebut, psikolog menganjurkan untuk pelan-pelan mengurangi penggunaan media sosial serta batasi durasi penggunaan.

“Misalnya, kita bisa mematikan handphone kita satu jam sebelum tidur,” katanya.

Lalu, dirinya menganjurkan agar mencoba berinteraksi dengan orang-orang sekitar seperti menyapa tetangga, berbincang dengan warga sekitar, berjumpa dengan teman tanpa menggunakan ponsel, tak lupa berbincang dengan keluarga tanpa menggunakan handphone.

Dirinya juga menyarankan agar selalu selektif dalam memilah-milah informasi, sebab menurutnya terpapar berita negatif juga juga bisa membuat suasana hati memburuk.

Selain melakukan pembatasan dalam penggunaan media sosial , Lathifah juga menjelaskan hal-hal lainnya yang harus dijauhi demi terjaganya kesehatan mental .

Misalnya berpikir negatif, pola tidur yang tidak teratur, serta rendahnya aktivitas fisik.***