Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

November 30, 2022

JAKARTA, celebrities.id – Sutradara Joko Anwar menanggapi tentang kemunculan karakter Batara dan Darminah yang diperankan Fachri Albar dan Asmara Abigail di film Pengabdi Setan 2: Communion. Banyak teori yang bermunculan mengenai keberadaan dua karakter itu.

“Di Pengabdi Setan 2: Communion, disebutkan bahwa mereka ternyata, kalau dilihat-lihat, ada kemungkinan mereka bukan bagian dari komuni,” ujar Joko saat dihubungi awak media, Sabtu (27/8/2022).

Tetapi, Joko mengatakan bahwa pernyataannya soal Batara dan Darminah bukan bagian dari komuni hanya ‘kemungkinan’. Dia menjelaskan bagian dari adegan yang dinilainya sudah cukup memperjelas posisi mereka sebenarnya. 

“Karena, mereka (Batara dan Darminah) membiarkan komuni terjadi pada malam itu dan mereka tidak hadir, kalau (dilihat) dari dialog yang disebut dari Darminah di akhir (film),” katanya.

Sutradara ‘Pintu Terlarang’ itu kemudian menjelaskan peran pasangan tersebut yang sebenarnya sudah hadir dalam film Pengabdi Setan (2017). Dalam suatu adegan, mereka menyinggung soal memanen sesuatu.

“Di (akhir) film yang pertama, ada dialog Darminah kepada Batara, ‘sudah waktunya kita panen lagi’. Dijawab oleh Batara, ‘sabar, Darminah’. Waktunya akan tiba, sehingga harus bersabar,” kata Joko Anwar.

Berdasarkan dialog tersebut, Joko menyebut bahwa Batara dan Darminah ini merupakan seorang harvesters alias pemanen. Sayangnya, Joko enggan menjelaskan memanen apa secara detail

Sementara dalam Pengabdi Setan 2: Communion, Joko menjelaskan ada dialog yang sebenarnya mengungkap siapa sosok Darminah dan Batara ini. Hal ini menurutnya, bisa menjadi jawaban untuk para penonton yang masih bingung dengan teka-teki kehadiran dua karakter ini.

“Tinggal didengar saja dialognya, seharusnya bisa menyimpulkan mereka siapa. Jadi, enggak perlu ditanya bocoran atau clue. Karena, sebenarnya, clue-nya ada banyak sekali di filmnya sendiri, yaitu di Pengabdi Setan dan Pengabdi Setan 2: Communion tentang Batara dan Darminah,” ucap Joko Anwar. 

Film Pengabdi Setan 2: Communion ini merupakan sekuel dari film berjudul serupa yang rilis pada 2017. Film Pengabdi Setan kala itu berhasil menjadi film Indonesia terlaris dengan perolehan lebih dari 4 juta penonton. 

Pengabdi Setan 2: Communion masih dibintangi oleh artis sebelumnya seperti Tara Basro, Endy Arfian, dan Bront Palarae. Diramaikan juga dengan deretan artis yang baru bergabung, yakni Ratu Felisha, Jourdy Pranata, Muzakki Ramdhan, Fatih Unru, dan masih banyak lagi.

Editor : Hadits Abdillah


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.