Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 4, 2023

rakyat62.id – Memiliki pekerjaan sesuai dengan minat menjadi impian bagi sebagian besar orang. Apalagi jika dibarengi dengan bayaran alias gaji yang besar. Namun, sayangnya tidak semua orang bisa mendapatkan keduanya sekaligus.

Menurut Indeks Keyakinan Tenaga Kerja LinkedIn, yang mensurvei lebih dari 32.000 pekerja AS dari Juni hingga September, sekitar 60% pekerja di masing-masing bidang ini mengatakan bahwa mereka merasa mendapat gaji yang baik untuk pekerjaan mereka.

Berikut adalah pekerjaan yang membuat karyawannya bahagia dengan gaji mereka:

1. Manajemen produk: 62%

2. Teknik: 60%

3. Real estate: 59%

4. Manajemen program dan proyek: 58%

5. Konsultasi: 57%

6. Sumber daya manusia (HR): 56%

7. Keuangan: 56%

8. Purchasing: 55%

9. Teknologi informasi: 54%

10. Hukum (Legal): 54%

11. Pengembangan bisnis: 54%

12. Pemasaran: 53%

13. Akuntansi: 52%

Menariknya, beberapa pekerja yang paling merasa puas dengan kompensasi mereka juga merasa tak sungkan untuk meminta kenaikan gaji ke atas.

Sekitar 39% dari manajer produk dan pemasaran mengatakan bahwa mereka berencana untuk meminta kenaikan gaji kepada atasan dalam beberapa bulan mendatang, dibandingkan dengan hanya 29% dari tenaga kerja di AS secara keseluruhan.

Hal ini terjadi karena pekerja paham betul bahwa keahlian mereka bisa dimanfaatkan untuk bernegosiasi mendapatkan gaji yang lebih kompetitif, kata Taylor Borden, editor berita LinkedIn.

Pekerja yang dibayar dengan baik di bidang pemasaran dan teknik juga melaporkan perasaan positif seputar transparansi gaji.

Sementara itu, banyak pekerja yang merasa dibayar rendah juga cenderung tidak menegosiasikan kenaikan gaji karena khawatir bisa kehilangan pekerjaan mereka.

“Dalam menghadapi inflasi yang tinggi dan potensi ketidakpastian ekonomi, beberapa pekerja merasa tidak berdaya untuk meminta kenaikan gaji,” kata Borden.