Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Oktober 4, 2022

rakyat62.id – Dunia hiburan Korea Selatan menyimpan sisi kelas di balik romantisme, keceriaan, dan paras menawan para artisnya. Banyak dari mereka yang mengalami depresi karena beragam alasan, mulai dari tuntutan tampil sempurna tanpa cela hingga perundungan di media sosial. Mereka yang tak kuat akhirnya mengakhiri hidupnya sendiri.

Berikut adalah beberapa artis Korea yang memilih bunuh diri:

Wajah aktris Jeon Mi-Seon selalu wara-wiri dari drama satu ke drama lain. Dia adalah seorang aktris Korea Selatan yang memenangkan banyak penghargaan di industri hiburan Korea.

Dikutip dari CNN Indonesia, Mi-Seon ditemukan tewas di kamar hotel di Kota Jeonju pada Sabtu (29/6/2019). Ia meninggal dalam usia 49 tahun akibat bunuh diri. Mi-Seon menginap di hotel itu dalam rangka memainkan teater bertajuk 2 Nights and 3 Days with Mother.Diberitakan Allkpop, seorang kenalan Mi-Seon menemukan sang aktris tersebut di kamar mandi di hotel sekitar pukul 11.43 waktu setempat. Kenalan itu langsung menghubungi polisi, tapi nyawa Mi-Seon tak terselamatkan.

Penyanyi dan aktris Choi Jin-ri atau yang lebih dikenal dengan nama Sulli, ditemukan tewas di kediamannya di kawasan Seongnam, Provinsi Gyeonggi, Seoul selatan, Senin (14/10). Menurut Polisi, perempuan berusia 25 tahun mantan anggota girlband f(x) itu ditemukan tewas oleh orang dari agensinya, SM Entertainment.

Semasa hidupnya, Sulli merupakan selebritis yang terkenal blak-blakan dalam bersuara. Ia memiliki pandangan sendiri tentang politik, hak-hak perempuan, dan seksualitas. Jika banyak selebriti yang tidak menunjukan dukungan publik ketika Korea Selatan membatalkan larangan aborsi, Sulli malah mempertaruhkan posisinya sebagai warga yang pro dengan tindakan aborsi.Sayangnya, bagi masyarakat Korea Selatan yang sangat konservatif, Sulli cukup ‘kontroversi’. Contohnya ia pendapat bahwa ia tidak senang menggunakan bra, sebab menyesakkan untuknya. Ia juga memposting foto dengan pacarnya secara publik, sehingga menuai kritikan dari komunitas warganet yang terkenal keras di negara ginseng tersebut.

Penyanyi dan mantan anggota girlband KARA, Goo Ha-Ra ditemukan meninggal di kediamannya pada Minggu (24/11/2019) pukul 18.00 waktu setempat.

Beberapa hari sebelum meninggal, perempuan kelahiran 1991 tersebut sempat mengunggah swafoto sedang tiduran di kasur dengan keterangan “Selamat tidur” dalam tulisan hangul.

DetikHot menuliskan, Goo Hara pernah dikabarkan mencoba bunuh diri beberapa waktu lalu. Ketika itu, sang manajer menemukan Goo Hara dalam keadaan pingsan dan segera membawanya ke rumah sakit. Beruntung nyawanya masih tertolong. Setelah sembuh, Goo Hara berjanji akan menjaga diri dan juga kesehatannya.Hara dikabarkan menderita depresi akibat mantan pacarnya Choi Jong Bum yang melakukan revenge porn. Jong Bum dinyatakan bersalah atas kejahatan terhadap Hara yang menyangkut kerusakan properti, serangan fisik, ancaman, dan pemaksaan. Sayangnya, meski melakukan revenge porn, Jong Bum dinyatakan tidak bersalah.

Aktris pendatang baru Jo Hanna juga memilih mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.

Melansir Kdramastars, dalam sebuah postingan, temannya berbagi bahwa catatan bunuh diri telah ditemukan di tempat kejadian. Ia mengungkapkan bahwa aktris tersebut mengalami banyak kesulitan.

Tidak hanya itu, catatan itu juga mengungkapkan bahwa Jo Hanna telah ditipu. Ini menyebabkan Jo Hana dia kehilangan dua juta won atau hampir US$ 1.800 (Rp 26 juta).

Sebelum menekuni dunia akting, Jo Hana bekerja di sebuah klub untuk membantu ibunya dan memenuhi kebutuhannya. Namun sejak dia masih kecil, dia bermimpi menjadi aktris terkenal.

Jae-yeon ditemukan tewas gantung diri karena depresi berkepanjangan. Depresi itu bermula karena Ja-yeon sudah mengikuti audisi drama tapi tidak lolos.

Bintang drama Boys Before Flowers ini diketahui mengalami pelecehan seksual dengan melayani lebih dari 20 nama besar di industri Hallyu yang menjanjikan pekerjaan dan popularitas untuknya.

Selama hidupnya, Jonghyun tidak banyak memberitahu bahwa ia mengalami depresi sehingga memutuskan untuk bunuh diri. Pada 19 Desember 2017, sebuah sumber dari kepolisian Gangnam menyatakan bahwa ia meninggal karena bunuh diri.

Jonghyun meninggal pada 18 Desember 2017, dengan cara membakar briket batubara di atas penggorengan di dalam ruang tertutup.

Kim Daul adalah model Korea Selatan. Dia baru berusia 17 tahun ketika muncul dalam sampul Vogue Korea.

Namun di balik ketenaran dan kemewahan, Kim Daul sangat kesepian. Gadis cantik itu gantung diri dan meninggal di apartemennya di Paris pada 19 November 2009.

Artis Korea Selatan Yoo Ju Eun memutuskan untuk mengakhiri hidupnya sendiri pada Senin (29/8/2022). Bintang drakor Big Forest tersebut meninggal dunia di usia 27 tahun.

Alasan Yoo Ju Eun bunuh diri tidak diketahui secara pasti. Yang jelas, dalam suratnya, aktris cantik tersebut mengungkap kecintaannya pada dunia akting. Namun, menjalankan karir tersebut tidak mudah baginya.

“Aku selalu ingin melakukan akting. Mungkin hal itu adalah segalanya bagiku atau hanya sebagian kecil dariku. Namun ternyata mengejar karier itu sangat sulit. Aku tidak ingin melakukan hal-hal lain dan ini sangat menyiksa. Aku menyadari punya mimpi adalah sebuah berkah dan kutukan di waktu yang sama,” tambahnya.

Ahn So Jin adalah seorang trainee Korea Selatan di bawah naungan DSP Media. Dia adalah kontestan di reality show Superstar K1 dan KARA Project. Pada 24 Februari 2015, dia meninggal karena bunuh diri.

Wanita kelahiran 25 Mei 1992 tersebut mengakhiri hidupnya lantaran melompat dari balkon apartemennya. Diduga Ahn So Jin mengalami depresi.

Pihak agensi menuturkan bahwa kontrak dengan Ahn So Jin telah berakhir sejak sebulan sebelum ia memutuskan untuk mengakhiri usianya.

Kim Jong Hyun atau lebih dikenal dengan sebutan Jonghyun SHINee ditemukan tak sadarkan diri usai menghirup briket batu bara.

Sebelumnya, kakak perempuan Jonghyun SHINee curiga adiknya tersebut akan melakukan percobaan bunuh diri usai mengirimkan pesan “Selamat tinggal untuk selamanya”. Dia lalu menelpon polisi untuk menyelamatkan sang adik. Namun, percobaan pertolongan kepada Jonhyun gagal, sehingga ia harus kehilangan nyawanya di rumah sakit.

Kematiannya pada 18 Desember 2017 sempat menggemparkan publik. Belakangan setelah kematian Jonghyun, terkuak surat terakhirnya. Jonghyun SHINee memutuskan untuk melakukan percobaan bunuh diri karena depresi.

“Aku sangat hancur. Depresi yang perlahan menggerogotiku, akhirnya benar-benar menelanku. Dan aku tidak bisa mengalahkannya.”

Lee Jae-ho atau yang memiliki nama panggung Cha In Ha adalah seorang aktor dan penyanyi asal Korea Selatan. Ia dikenal melalui drama The Banker, Clean with Passion for Now, dan Love with Flaws.

Cha In Ha memulai karier sebagai anggota grup musik Surprise U pada tahun 2017. Dia sangat berbakat di dunia akting maupun tarik suara.

Cha In-ha meninggal pada 3 Desember 2019 dengan penyebab yang belum diungkapkan. Ia ditemukan telah meninggal oleh manajernya di rumahnya.

Agensinya, yakni Fantagio, meminta agar tidak menyebarkan “rumor dan laporan spekulatif” yang melibatkan kematian Cha In Ha. Untuk menghormati keluarganya, pemakaman dilakukan secara tertutup.