Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Januari 29, 2023

rakyat62.id – Tidak hanya membeli barang-barang branded atau kekinian, banyak generasi muda yang rela berutang untuk modal berkencan.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa remaja yang telah memiliki teman kencan, sulit mengendalikan pengeluaran uang sakunya. Faktanya, 22% milenial (usia 26 hingga 41) dan 19% Gen Z (usia 18 hingga 25) telah berutang, menurut survei dari Lendingtree. Secara keseluruhan, responden survei mengatakan mereka menghabiskan rata-rata sekitar US$ 91 atau Rp 1,3 juta untuk sekali keluar malam.

Responden yang mengidentifikasi diri sebagai wanita mengatakan mereka akan menghabiskan rata-rata US$ 81 (Rp 1,2 juta) untuk sekali kencan, sementara responden yang mengidentifikasi sebagai pria mengatakan mereka akan menghabiskan rata-rata US$ 104 (Rp 1,5 juta).

“Semuanya semakin mahal, bukan hanya pakaian baru, bunga mawar, transportasi, makan malam mewah, konser atau minum kopi di cafe, tapi semuanya secara keseluruhan makin mahal. Biaya ekstra dari masing-masing hal ini secara individual mungkin tidak membuat orang kesusahan, tetapi jika ditotal semuanya, mereka bisa menjadi masalah yang sangat besar,” kata Kepala Analis Kredit LendingTree Matt Schulz dalam laporannya.

Menurut Michael Liersch, kepala penasihat dan perencanaan kekayaan dan manajemen investasi di Wells Fargo, bahwa generasi muda bisa sangat kesulitan dalam mengontrol pengeluaran kencan. Itu karena manusia diketahui sering salah menghitung uang mereka, baik dalam hal jumlah yang mereka habiskan maupun batas pengeluaran mereka.

“Kombinasi itu dapat menciptakan dinamika di akhir bulan di mana Anda harus membayar sewa, utilitas, atau tagihan lainnya dan menyadari bahwa kehidupan kencan membuat Anda berutang,” katanya.

Menggunakan kartu kredit atau fitur paylater sering dijadikan sebagai solusi tanpa menyadari bahwa tagihan mereka dengan cepat menumpuk.

Sementara itu, analis industri senior di Bankrate.com, Ted Rossman mengatakan hal yang terbaik untuk menjaga keuangan tetap terjaga adalah dengan jujur mengenai kondisi keuangan Anda dengan pasangan.

“Berhutang tidak akan membantu Anda atau hubungan Anda menjadi baik,” katanya kepada CNBC Make It.

Hindari tergoda untuk mengeluarkan uang terlalu banyak saat kencan demi membuat pasangan terkesan. Pilihlah beberapa alternatif yang hemat anggaran, seperti makanan buatan sendiri atau jalan-jalan ke museum.

Sekitar 85% responden mengatakan mereka tidak akan merasa tersinggung jika pasangan mereka mengajak mereka kencan murah, menurut survei Lendingtree.