Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 4, 2023

TRIBUNWOW.COM – Seekor anjing robot buatan Rusia yang dilengkapi dengan peluncur roket anti-tank viral menjadi sorotan.

Dilansir TribunWow.com, robot ini viral setelah diresmikan di pameran senjata internasional tahunan Angkatan Darat-2022 Rusia, Senin (15/8/2022).

Dengan cepat, outlet investigasi menemukan perangkat futuristik memiliki kemiripan yang mencolok dengan anjing robot tingkat konsumen yang tersedia di pasar online China.

Baca juga: Dituduh Sebar Propaganda Rusia, Media AS Klarifikasi Laporan Skandal Bantuan Senjata di Ukraina

Seperti dilaporkan The Moscow Times, Selasa (16/8/2022), robot bernama ‘M-81 complex’ ini ditampilkan dapat berjalan, berbaring, dan berputar dalam demonstrasi yang diterbitkan oleh kantor berita Rusia, RIA Novosti.

Pengembangnya di Rusia, sebuah perusahaan teknik yang kurang dikenal bernama Machine Intellect, memuji kemampuan anjing robot untuk membawa dan menembakkan senjata.

Juru bicara perusahaan mengatakan kepada RIA Novosti bahwa aplikasi militer M-81 juga dapat melakukan penunjukan target, patroli dan keamanan.

Peran sipil anjing robot termasuk memberikan obat-obatan, mengamati sekelilingnya dan menavigasi puing-puing di zona darurat.

M-81 memamerkan gerakannya di lantai pameran yang dipersenjatai dengan peluncur roket anti-tank RPG-26 yang beratnya mencapai 3 kilogram saat dimuat dan dilengkapi dengan alat bidik optik.

Anjing robotik itu juga menyamar dalam pakaian kain hitam, dengan hanya bagian atas sensor optiknya yang mengintip.

Bentuk dan lokasi sensor optik tersebut, serta kerangka keseluruhan robot, secara visual cocok dengan Go1, bot pendamping yang dibuat oleh startup China Unitree Robotics.

Robot Militer Rusia Dicibir, Disebut Hanya Beli dari Marketplace China, akan Digunakan di Ukraina?
Perbandingan robot militer Rusia (kiri) dengan anjing robot buatan China yang dijual bebas di marketplace, Selasa (16/8/2022). (Twitter @Bykvu)

Baca juga: Media AS Laporkan 70 Persen Bantuan Senjata Negara Barat Tidak Sampai ke Pasukan Ukraina

Go1 dijual seharga $ 2.700 (sekitar Rp 40 juta) di situs web Unitree Robotics dan $ 420 (Rp 6,1 juta) di AliExpress, pasar online teratas China.

Pengembang M-81 belum mengomentari kesamaan, yang dilaporkan oleh outlet investigasi Rusia The Insider serta majalah keamanan nasional AS The War Zone.

Sebaliknya, juru bicara Machine Intellect mengatakan kepada RIA Novosti bahwa M-81 menyerupai anjing karena mengikuti prinsip, struktur, dan karakteristik mekanik dari dunia hewan.

Baca juga: Rusia akan Perluas Target Wilayah Perang di Ukraina, AS Langsung Kirim Lebih Banyak Senjata ke Kyiv

Putin Promosikan Senjata Canggih Buatan Rusia


Artikel ini bersumber dari wow.tribunnews.com.