Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 8, 2023

rakyat62.id – Setiap tanggal 10 Oktober diperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia .

Akan tetapi, banyak yang bertanya-tanya, seberapa umumkah mengenai penyakit mental ini?

Untuk kasus di Amerika Serikat (AS), penyakit mental yaitu termasuk dalam salah satu kondisi kesehatan yang paling umum.

Di Negeri Paman Sam, ada lebih dari 50 persen orang akan didiagnosis dengan penyakit atau gangguan mental di beberapa titik dalam hidup mereka:

– 1 dari 5 orang AS akan mengalami penyakit mental pada tahun tertentu,

– 1 dari 5 anak, baik saat ini atau di beberapa titik selama hidup mereka, memiliki penyakit mental yang sangat melemahkan,

– 1 dari 25 orang AS hidup dengan penyakit mental yang serius, seperti skizofrenia, gangguan bipolar, atau depresi berat.

Lantas, apakah yang menyebabkan penyakit mental ?

Belum ada penyebab utama dari penyakit mental ini. Beberapa faktor dapat berpengaruh pada risiko penyakit mental , misal:

– Pengalaman awal kehidupan yang merugikan, seperti trauma atau riwayat pelecehan (misalnya, pelecehan anak, kekerasan seksual, menyaksikan kekerasan, dll).

– Pengalaman terkait dengan kondisi medis (kronis) lainnya yang sedang berlangsung, seperti kanker atau diabetes.

– Faktor biologis atau ketidakseimbangan kimia di otak.

– Penggunaan alkohol atau obat-obatan.

– Memiliki perasaan kesepian atau isolasi.

Dikutip dari CDC , seseorang bisa terkena bermacam jenis penyakit maupun gangguan mental, serta sering kali dapat terjadi pada saat yang bersamaan.

Pada penyakit mental bisa terjadi dalam waktu yang singkat maupun terjadi secara berkala.

Hal ini menunjukkan bahwa penyakit mental bisa datang dan pergi dengan awal dan akhir yang berbeda. Penyakit mental juga bisa saja berlangsung terus-menerus maupun bertahan dengan waktu yang lama.

Menurut CDC , sudah ada lebih dari 200 jenis penyakit mental . Bermacam-macam utama penyakit mental dan gangguan sudah terdaftar.***