Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Januari 30, 2023

rakyat62.idJakarta, CNBC IndonesiaMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan, industri kreatif menjadi salah satu sektor yang berperan besar menyerap tenaga kerja di Indonesia. Untuk tahun 2020, sektor ini lanjut Sandi telah menyumbang 20 juta tenaga kerja yang terdiri dari generasi milenial dan generasi Z.

Dengan kondisi ekonomi kreatif yang sudah mulai tumbuh pascadihantam badai pandemi Covid-19, pihaknya menargetkan 1,1 juta lapangan kerja baru bisa terserap di 2022 .

“Kita targetkan penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru dan 4,4 juta lapangan kerja di 2024,” kata Sandiaga dalam acara CNBC Indonesia Tech Conference 2022, Selasa (11/10/2022).

Ia optimis hal tersebut bisa tercapai karena didukung ekonomi digital yang terus berkembang sejak pandemi Covid-19.

Ekonomi digital, lanjut Sandiaga, menjadi sumber ekonomi baru yang berhasil bisa membangkitkan ekonomi dalam negeri dan diprediksi akan terus meningkat.

Sandiaga mengatakan, tahun 2021, nilai ekonomi digital telah mencapai US$ 70 miliar atau tumbuh hampir 49%. Bahkan pada 2025, ekonomi digital bisa tumbuh mencapai dua kali lipat mencapai US$ 146 miliar dengan kontribusi paling besar dari e-commerce.

Melihat hal tersebut, saat ini tantangan yang besar yang harus dihadapi, yakni bagaimana literasi digital bisa terus ditingkatkan hingga ke seluruh lapisan masyarakat.

Selanjutnya, kepercayaan digital dari segi penggunaan keuangan digital ujarnya juga perlu di kawal, terutama berbasis blockchain.

“Sangat penting dan kita perlu tingkatkan literasi digital. Geliat ini harus dikawal melalui adaptasi dan kolaborasi,” jelasnya.