Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 8, 2023

rakyat62.idJakarta, CNBC Indonesia – Produsen Mie Sedaap, WINGS Group Indonesia, membantah penggunaan pestisida jenis etilen oksida dalam produknya. Perusahaan juga menegaskan bahwa produk mie instan mereka aman dikonsumsi.

“Mie Sedaap memastikan tidak menggunakan etilen oksida di seluruh lini produksi. Mie Sedaap telah memenuhi standar keamanan pangan sehingga aman untuk dikonsumsi,” ujar Head of Corporate Communications & CSR WINGS Group Indonesia, Sheila Kansil, dalam keterangan tertulis yang diterima CNBC Indonesia, Selasa (11/10/2022).

Meski demikian, penggunaan etilen oksida di industri agrikultur sebenarnya bukanlah sebuah ‘dosa besar.’ Menurut Sheila, etilen oksida berfungsi sebagai zat sterilizer atau anti mikroba pada rempah-rempah dan biji-bijian yang masih digunakan hingga saat ini di Amerika Serikat, Kanada, dan berbagai negara lainnya.

“Kami selalu berupaya menjaga kualitas produk Mie Sedaap dan untuk menjaga kepercayaan konsumen, kami sedang melakukan investigasi lebih lanjutdengan otoritas dalam negeri maupun negara-negara yang bersangkutan,” kata Sheila, sambil menambahkan bahwa produk Mie Sedaap telah mengantongi izin dari BPOM, sertifikat halal MUI, hingga sertifikasi ISO 9001.

Seperti diketahui, sejumlah varian Mie Sedaap ditarik peredarannya di sejumlah negara, termasuk Singapura dan Hong Kong karena diduga mengandang zat pestisida yang melebihi ambang batas.

Tak cuma Mie Sedaap, menurut WINGS Group, sejumlah merek mie instan dan kategori makanan lainnya (sayuran, buah-buahan, rempah-rempah, dan lain sebagainya) yang diproduksi oleh berbagai perusahaan yang berpusat di Jepang, Korea Selatan, Cina, India dan Filipina juga mengalami kejadian ini.